Jokowi: Hukum Harus Kuat Berikan Rasa Keadilan Bagi Masyarakat

Rabu, 21 Februari 2018 - 15:01 WIB
Jokowi: Hukum Harus Kuat Berikan Rasa Keadilan Bagi Masyarakat
Jokowi: Hukum Harus Kuat Berikan Rasa Keadilan Bagi Masyarakat
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong para hakim untuk mewujudkan kepastian hukum dalam dunia peradilan. Pasalnya, kepastian hukum merupakan kunci utama bagi pembangunan demokrasi dan ekonomi.

Jokowi mengatakan, iklim investasi yang kondusif hanya bisa dicapai dengan adanya kepastian hukum. Sejurus dengan itu, kepastian hukum juga akan meningkatkan kepercayaan masyarakat serta dunia internasional kepada Indonesia.

"Hukum harus kuat dalam memberikan rasa keadilan dan hukum harus memberikan fondasi yang kuat untuk lompatan kemajuan Indonesia,” ujarJokowi saat memberikan sambutan pada Pembekalan CPNS-Calon Hakim di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun 2018 di Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/2/2018).

Jokowi bercerita, banyak contoh negara-negara lemah atau bahkan menjadi negara terpuruk karena gagal menghadirkan hukum yang terpercaya. “Jangan sampai, sekali lagi jangan sampai terjadi hukum di negara kita lemah. Hukum harus kuat dalam memberikan rasa keadilan," ucap Jokowi.

Hukum yang kuat diyakini Jokowi akan menjadi fondasi yang kuat untuk membangun kesejahteraan rakyat, serta membangun keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Jangan sampai terjadi hukum yang bisa diperjualbelikan yang bisa diperdagangkan. Hal ini akan meruntuhkan kepercayaan rakyat dan kepercayaan masyarakat internasional terhadap institusi-institusi negara kita. Yang bisa meruntuhkan kepercayaan pada intistusi-institusi yang seharusnya memegang amanah menjaga keadilan,” tutur Jokowi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5320 seconds (0.1#10.140)