Mengurangi Sampah Laut Melalui Operasi Tangkap Tangan

Rabu, 06 Desember 2023 - 07:16 WIB
loading...
A A A
Selain Gerakan Nasional Bersih Pantai dan Laut, KKP juga memiliki beberapa upaya lainya untuk mengurangi sampah laut, Diantaranya, membangun fasilitas Tempat Penampungan Sementara (TPS) atau Pusat Daur Ulang di pulau-pulau kecil. Membangunan sarana dan prasarana penanganan sampah di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) serta Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN).

Melakukan sosialisasi kepada para nelayan mengenai pentingnya meningkatkan aktivitas penangkapan ikan yang ramah lingkungan. Hasilnya sudah ratusan kapal nelayan yang secara sukarela mengganti Alat Penangkap Ikan (API) yang merusak dan tidak ramah lingkungan ke yang lebih ramah lingkungan.

Berbagai upaya yang telah dilakukan KKP ini terbukti berkontribusi terhadap pengurangan sampah laut. Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut (TKN PSL) melaporkan selama 2018-2022, Indonesia telah berhasil mengurangi 35,36 persen sampah yang masuk ke laut.

Itu artinya untuk mencapai target pengurangan sampah laut yang mencapai 70 persen, masih dibutuhkan lagi pengurangan sebanyak 34.64 persen lagi hingga tahun 2025.

Untuk mencapai target tersebut memang bukan perkara mudah dan bukan hanya jadi tugas KKP saja. Seluruh elemen dan masyarakat punya tanggung jawab yang sama besarnya untuk mengurangi sampah laut, khususnya sampah plastik.
(hdr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)