Figur Perempuan terhadap Masalah Sampah Dinilai Punya Peran Penting

Senin, 29 Juli 2024 - 11:11 WIB
loading...
Figur Perempuan terhadap...
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya bersama Founder dan CEO PT Xaviera Global Synergy-Cyber Wast Wilda Yanti. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Peran perempuan terhadap persoalan sampah di lingkungannya dinilai punya peran penting. Hal ini terungkap oleh Founder dan CEO PT Xaviera Global Synergy-Cyber Wast Wilda Yanti.

Wilda merupakan sosok perempuan yang aktif dalam edukasi dan pengelolaan sampah, dengan tujuan meminimalisir sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Atas kontribusinya ini, dia meraih penghargaan Awen Award atau ASEAN Women Entrepreneur Network atas kiprahnya selama ini dalam ikut menangani permasalahan sampah di Indonesia.

Penghargaan bakal diberikan dalam suatu acara di Pnomphen, Kamboja, 31 Juli - 3 Agustus 2024. Wilda juga tergabung di Organisasi Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi).

Dalam kaitan kiprahnya ikut membantu solusi persoalan sampah, Wilda mengatakan, dukungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sangat besar dalam mendukung dan membina kegiatan bersama dipengelolaan sampah.

"Berkat dukungan KLHK kegiatan kami di kewirausahaan sosial pengelolaan sampah bertumbuh, berkembang dan maju. Langkah KLHK dalam percepatan solusi sampah dan merangkul Praktisi pengelolaan sampah dan multistakholder perlu diapresiasi," ujar Wilda, Senin (29/7/2024).

Wilda dikenal sebagai 'Ratu Sampah' yang berhasil menjadikan sampah juga sebagai berkah rezeki ini memutuskan keluar dari perusahaan internasional. Hal ini untuk membangun perusahaan bisnis sampah, membuat kebanyakan orang menganggap Wilda Yanti aneh.

Meninggalkan jabatannya sebagai direktur di perusahaan asing, ibu 3 putra itu memulai dengan mengais sampah-sampah yang dibuang rumah tangga.

"Pengelolaan ini berdasarkan social enterprise, membina kelompok-kelompok bank sampah. Biasanya kelompok bank sampah ini tidak mempunyai modal untuk memulai usaha. Kami memberikan modal jika bank sampah itu berkembang," ungkapnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)