Pakar: Galon PC Aman Digunakan dan Ramah Lingkungan

Selasa, 06 Agustus 2024 - 08:17 WIB
loading...
Pakar: Galon PC Aman...
Pakar polimer ITB Ahmad Zainal Abidin meminta masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir mengonsumsi air dari galon isi ulang. Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Galon polikarbonat (PC) dipastikan masih aman digunakan. Pakar polimer Institut Teknologi Bandung (ITB) Ahmad Zainal Abidin meminta masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir mengonsumsi air dari galon isi ulang .

"Air minum dalam galon guna ulang berbahan PC aman untuk dikonsumsi," ujar Zainal, beberapa waktu lalu.

Kepala Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran ITB itu menjelaskan hasil penelitian menunjukkan kalau tidak ada satu sampel pun dari galon guna ulang yang diteliti itu mengandung BPA di atas ketentuan maksimum sehingga membahayakan kesehatan manusia.



Hal ini dia sampaikan menyusul aturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang meminta produsen memberikan label potensi mengandung BPA pada galon kemasan PC.

Zainal mengatakan bahwa tidak hanya BPA, namun semua zat-zat prekursor seperti ethylene glycol (EG) dan diethylene glycol (DEG) yang digunakan untuk membuat kemasan PET atau galon sekali pakai memiliki bahaya serupa.

"Karenanya, kemasan-kemasan itu perlu diawasi secara berkala oleh BPOM," katanya.

Pakar teknologi plastik Wiyu Wahono menuturkan kemasan PC masih sangat aman digunakan masyarakat. Meski sudah dipakai puluhan tahun para konsumen galon guna ulang tidak pernah mengalami gangguan kesehatan apa pun.

Pakar yang sudah mempelajari dunia plastik lebih dari 20 tahun ini melanjutkan galon PC dipilih sebagai kemasan air karena memiliki kekuatan dan lebih ramah lingkungan. Paparan BPA dalam galon guna ulang juga terus menciut saat dipergunakan kembali.

Dalam galon PC, paparan BPA yang masuk ke dalam tubuh dikeluarkan sekitar 2 hingga 4 jam sekali melalui urine atau zat sisa. Sehingga, paparan BPA ke dalam tubuh tidak akan terjadi akumulasi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)