Pemerintahan Prabowo Diminta Manfaatkan Ruang Laut untuk Infrastruktur Digital

Selasa, 03 September 2024 - 18:04 WIB
loading...
Pemerintahan Prabowo...
Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Doni Ismanto Darwin menekankan pentingnya pemanfaatan ruang laut untuk infrastruktur digital. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Pemerintahan Prabowo -Gibran harus mampu memanfaatkan ruang laut secara optimal. Terutama untuk pembangunan infrastruktur digital mengingat letak geografis Indonesia sangat strategis.

Hal itu diungkapkan Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Doni Ismanto Darwin saat menjadi pembicara dalam Forum Indotelko di Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Doni menyebut, pemanfaatan ruang laut diyakini akan berkontribusi signifikan dalam mendukung tercapainya pertumbuhan ekonomi 8% di masa pemerintahan Prabowo - Gibran. Sebab selain berisi sumber daya alam perikanan, ruang laut dapat dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan infrastruktur digital.



Termasuk penempatan infrastruktur energi baru terbarukan yang menjadi bagian penting dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

“Ruang laut salah satunya dapat dimanfaatkan untuk penempatan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL). Dan yang harus menjadi catatan, SKKL ini menguasai 99% trafik internet internasional. Jadi kalau kita bisa mengalokasikan atau menata ruang laut kita secara optimal dan efisien untuk infrastruktur digital, misalnya kabel laut, itu tentu akan berkontribusi pada sektor ekonomi digital karena infrastruktur dasarnya kita sudah support,” ungkap.



Sejak 2021, pemerintah telah mengatur penataan kabel dan pipa bawah laut melalui Kepmen KP Nomor 14 Tahun 2021. Dengan kebijakan tersebut, penggelaran kabel maupun pipa bawah laut harus dilakukan sesuai koridor untuk menciptakan harmonisasi dengan pengguna ruang laut lainnya. Misal untuk kepentingan penangkapan ikan, transportasi, eksplorasi, hingga kegiatan wisata bahari.

Doni menambahkan, ruang laut juga dapat dimanfaatkan untuk penempatan infrastruktur engeri baru terbarukan. Seperti diketahui, pemerintah sedang gencar-gencarnya mengembangkan infrastruktur engeri baru terbaru sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, maupun menjaga keberlanjutan.

“Kemudian dari sisi elektrifikasi. Banyak sekarang ini yang memanfaatkan ruang laut untuk kabel listriknya. Jadi apa peran KKP? Nah dengan adanya regulasi yang sudah dibuat tahun 2021, pemanfaatan ruang laut ini bisa lebih optimal dan harmonis karena sudah diatur tata letaknya,” ungkap Doni.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)