Pengertian Norma: Jenis, Fungsi, Contoh, dan Ciri-cirinya

Rabu, 29 November 2023 - 11:34 WIB
loading...
A A A
Kebiasaan atau folkways adalah norma yang memiliki daya ikat sedang, karena berupa kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian besar anggota masyarakat dengan adanya dorongan atau tekanan sosial. Contoh kebiasaan atau folkways adalah berpakaian rapi, berbicara sopan, atau menjaga kebersihan.

- Kelakuan atau Mores

Berikutnya ada kelakuan atau mores. Jenis norma yang satu ini yaitu memiliki daya ikat kuat, karena berupa kebiasaan yang dilakukan oleh hampir seluruh anggota masyarakat dengan adanya sanksi sosial yang tegas.

Contoh kelakuan atau mores adalah tidak membunuh, tidak mencuri, tidak berzina, atau tidak mengkhianati negara.

- Adat istiadat

Adat istiadat atau custom adalah norma yang memiliki daya ikat paling kuat, karena berupa kebiasaan yang dilakukan oleh seluruh anggota masyarakat dengan adanya sanksi sosial yang sangat keras. Contoh adat istiadat atau custom adalah upacara adat, ritual agama, atau hukum adat.

4. Fungsi Norma


Norma memiliki beberapa fungsi penting dalam masyarakat, antara lain sebagai berikut.

- Norma berfungsi sebagai pedoman hidup yang memberikan arah dan tujuan bagi anggota masyarakat.
- Norma berfungsi sebagai alat integrasi sosial yang menyatukan anggota masyarakat dalam suatu kesatuan yang harmonis.
- Norma berfungsi sebagai alat adaptasi sosial yang membantu anggota masyarakat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perubahan yang terjadi.
- Norma berfungsi sebagai alat kontrol sosial yang mengawasi dan mengendalikan perilaku anggota masyarakat agar tidak menyimpang dari norma yang berlaku.
- Norma berfungsi sebagai alat inovasi sosial yang mendorong anggota masyarakat untuk berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan norma baru yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

5. Contoh Norma


- Norma Agama

Contoh norma agama adalah tidak makan babi bagi umat Islam. Jenis norma ini adalah norma agama, karena berasal dari ajaran Islam. Sanksi norma ini adalah dosa dan murka Allah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)