Pengertian Norma: Jenis, Fungsi, Contoh, dan Ciri-cirinya

Rabu, 29 November 2023 - 11:34 WIB
loading...
Pengertian Norma: Jenis, Fungsi, Contoh, dan Ciri-cirinya
Norma terbentuk karena ada kebutuhan masyarakat terhadap keteraturan dan ketertiban sosial. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kehadiran norma atau aturan penting dalam kehidupan masyarakat. Tanpa adanya aturan mungkin saja kehidupan menjadi kacau dan sulit dikendalikan.

Secara umum norma terbentuk karena ada kebutuhan masyarakat terhadap keteraturan dan ketertiban sosial. Dengan adanya norma, kehidupan akan selaras dan seimbang, serta terciptanya suatu keadilan dalam masyarakat.

Mengenal Apa Itu Norma


1. Pengertian Norma


Norma merupakan aturan atau pedoman yang mengatur perilaku dan interaksi manusia dalam masyarakat atau kelompok tertentu. Aturan ini bersumber dari nilai-nilai yang dianut oleh anggota masyarakat, seperti nilai agama, moral, hukum, atau adat istiadat.



Dibentuknya sebuah norma bertujuan untuk menciptakan ketertiban, kesejahteraan, dan keharmonisan dalam kehidupan bersama. Norma juga berfungsi sebagai alat kontrol sosial yang memberikan sanksi atau hukuman bagi yang melanggar dan penghargaan atau pujian bagi yang mematuhi.

2. Jenis Norma


Berdasarkan sumbernya, norma dapat dibedakan menjadi empat jenis berdasarkan sumbernya, yaitu norma agama, norma hukum, norma kesusilaan, dan norma kesopanan.

- Norma agama

Norma agama adalah norma yang berasal dari ajaran agama yang dianut oleh masyarakat. Norma agama mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, sesama manusia, dan alam.

- Norma hukum

Norma hukum sendiri merupakan sebuah aturan yang dibuat oleh lembaga negara yang berwenang, seperti pemerintah atau legislatif. Norma hukum mengatur hak dan kewajiban warga negara dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)