Creative Financing dalam Pembangunan

Senin, 13 November 2023 - 11:54 WIB
loading...
A A A
KPBU adalah salah satu solusi atas tantangan keterbatasan APBN dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur yang selama ini menyebabkan selisih pendanaan (funding gap) diharapkan bisa selesai. Keterlibatan pihak swasta sangat dibutuhkan bila ingin memastikan pembangunan tetap berjalan.

Pun sejatinya KPBU juga telah selaras dengan nilai-nilai bangsa Indonesia, yaitu gotong royong. Berkat semangat gotong royong melalui pembiayaan KPBU, semua elemen bangsa bergerak saling membantu untuk memperkuat persatuan bangsa sekaligus membangun infrastruktur berkelanjutan di seluruh Indonesia. Selain itu, KPBU membuat defisit APBN tetap terjaga dan rasio utang tetap prudent sesuai undang-undang yang berlaku.

Selain itu, salah satu bentuk creative financing yang dapat digunakan oleh pemerintah sebagai alternatif pembiayaan pembangunan adalah melalui penerbitan sukuk dan obligasi pemerintah. Penerbitan sukuk dan obligasi memberikan akses kepada pemerintah untuk dapat mendanai proyek-proyek pembangunan tanpa meningkatkan beban utang pemerintah secara signifikan.

Hal tersebut karena dana yang diperoleh berasal dari investor swasta atau institusi keuangan. Oleh sebab itu, penerbitan sukuk dan obligasi pemerintah dapat strategi pembiayaan yang efektif dan berkelanjutan. Melalui kebijakan yang tepat, penerbitan sukuk dan obligasi dapat menjadi pilar utama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan.

Lebih lanjut, di tingkat pemerintahan desa, semangat gotong royong dan partisipasi aktif masyarakat juga dapat menjadi salah satu bentuk creative financing dalam proses pembangunan. Partisipasi aktif masyarakat tersebut membuktikan bahwa pembangunan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab bersama.

Sumbangan tenaga kerja, lahan, dan bahan baku menjadi manifestasi konkret dari semangat gotong royong. Tak sedikit proyek pembangunan di desa-desa yang tidak hanya melibatkan alokasi anggaran pemerintah semata, namun juga didukung oleh sumbangan tenaga kerja, lahan, dan bahan baku dari masyarakat setempat.

Dalam beberapa kasus, masyarakat dapat menyumbangkan lahan mereka untuk kepentingan bersama, seperti pembangunan fasilitas umum atau pengembangan lahan pertanian yang dapat meningkatkan ketahanan pangan.

Pembangunan merupakan tonggak penting dalam mewujudkan kemajuan suatu bangsa, meski sering kali membutuhkan biaya besar. Pembiayaan pembangunan yang memerlukan dana yang besar adalah sebuah tantangan, namun sekaligus merupakan peluang untuk menciptakan dampak positif yang signifikan.

Pembangunan di berbagai lini sektor merupakan investasi mutlak yang perlu dilakukan setiap negara untuk kemajuan bangsa. Infrastruktur yang kuat, pendidikan berkualitas, layanan kesehatan yang baik, dan keberlanjutan lingkungan adalah elemen-elemen utama pembangunan berkelanjutan yang perlu terus diupayakan.

Melalui kebijakan yang tepat, transparansi, dan dukungan kuat dari masyarakat, maka investasi besar ini tidak hanya menjadi pemacu pertumbuhan ekonomi tetapi juga fondasi yang kokoh untuk mencapai masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan generasi mendatang. Semoga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)