Creative Financing dalam Pembangunan

Senin, 13 November 2023 - 11:54 WIB
loading...
Creative Financing dalam Pembangunan
Candra Fajri Ananda, Staf Khusus Menteri Keuangan RI. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
Candra Fajri Ananda
Staf Khusus Menteri Keuangan RI

PEMBANGUNAN merupakan suatu proses perubahan sosial secara berencana dengan meliputi berbagai dimensi untuk mengusahakan kemajuan dalam rangka kesejahteraan ekonomi, modernisasi, kemajuan bangsa, wawasan lingkungan dan peningkatan kualitas manusia untuk memperbaiki kualitas hidup. Pembangunan mutlak bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pembangunan sendiri menjadi indikator perubahan bagi sebuah negara. Pun di Indonesia, tujuan pembangunan nasional bangsa ini ialah untuk mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Pembangunan suatu negara adalah kunci untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Investasi dalam infrastruktur, pendidikan, dan inovasi menciptakan iklim yang kondusif untuk peningkatan produktivitas dan daya saing ekonomi di tingkat global. Selain itu, pembangunan juga dapat membawa perubahan positif dalam kualitas hidup masyarakat.

Akses yang lebih baik ke layanan kesehatan, pendidikan, dan perumahan yang layak merupakan hasil langsung yang dapat diperoleh dari pembangunan yang terarah. Hal itu termasuk pula dalam pembangunan infrastruktur yang dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa.

Lebih dari sekadar jalan dan bangunan, pembangunan infrastruktur sejatinya juga dapat menciptakan landasan bagi masyarakat yang berdaya saing, produktif, dan sejahtera. Infrastruktur yang baik, seperti jalan raya, pelabuhan, dan bandara dapat meningkatkan konektivitas antarwilayah.

Pembangunan suatu negara merupakan sebuah visi besar yang membutuhkan upaya kolektif dan investasi substansial, termasuk dalam menggapai asa Indonesia sebagai negara maju di tahun 2045. Visi Indonesia maju membutuhkan adanya lompatan besar dalam merancang strategi pembangunan nasional, utamanya untuk memastikan terjadinya akselerasi pencapaian Indonesia maju di tahun 2045.

Apabila mencermati berbagai capaian yang telah diraih oleh bangsa Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini, sesungguhnya Indonesia telah memiliki modal awal yang tercermin dari pertumbuhan ekonomi yang stabil diatas 5%, menurunnya angka pengangguran dan jumlah masyarakat miskin, rendahnya tingkat ketimpangan berdasarkan indeks Gini Ratio, serta bonus demografi yang dimiliki Indonesia.

Organisasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi Negara-Negara Maju (OECD) memperkirakan bahwa pada tahun 2045 ekonomi Indonesia akan mencapai USDRp8,89 triliun dan menjadi ekonomi terbesar ke-4 di dunia.

Pada hakikatnya, pembangunan suatu negara adalah perjalanan panjang yang sejalan dengan ambisi untuk menciptakan masyarakat yang berdaya saing dan sejahtera. Meski pembangunan membuka pintu menuju masa depan yang lebih cerah, satu kenyataan yang tak dapat terelakkan bahwa pembiayaan pembangunan memerlukan dana yang besar dan komitmen yang mendalam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)