alexa snippet

Tiga Nama Ini Dinilai Berpotensi Dampingi Jokowi di 2019

Tiga Nama Ini Dinilai Berpotensi Dampingi Jokowi di 2019
Presiden Joko Widodo. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai kurang piawai mengelola isu-isu yang berbau keberagaman dan ke-Islaman. Gesekan dan tensi antara pemerintah dengan kelompok Islam yang terjadi, berpotensi menggerus elektabilitas Jokowi di Pemilu 2019.

Direktur Eksekutif Vox Pol Center Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, untuk maju di 2019 nanti, Jokowi harus menunjuk calon wakil yang memiliki kedekatan dengan kelompok kanan atau Islam.

Pangi menyebutkan, ada tiga nama yang dinilai potensial digandeng Jokowi. Ketiganya yakni, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Sri Mulyani, dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Dari tiga nama tersebut, Gatot dinilai Pangi sebagai sosok yang dapat menyumbangkan insentif elektoral untuk Jokowi.

"Karena Jokowi dengan Gatot segmennya berbeda. Gatot basis segmen kanan sementara Jokowi segmen nasionalis sekuler," kata Pangi kepada SINDOnews, Jumat (13/10/2017).

Menurut pengamatan Pangi, Jokowi terlihat kurang piawai mengambil atau mengelola isu-isu kanan, termasuk gesekan dan tensi antara pemerintah dengan kelompok Islam cukup memekakkan atmosfir politik dan bisa mengerus elektibilitas Jokowi.

Dengan menggandeng Gatot, diharapkan ceruk potensial pemilih kanan dapat direbut. "Diharapkan suntikan elektoral wakil bisa mendongkrak elektibilitas capres. Jadi kalau tidak piawai atau salah mengambil wakil bisa membahayakan posisi dan bisa bunuh diri politik bagi Presiden," ucap Pangi.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top