Profil Suhartoyo yang Terpilih Jadi Ketua MK Pengganti Anwar Usman

Kamis, 09 November 2023 - 12:50 WIB
loading...
Profil Suhartoyo yang Terpilih Jadi Ketua MK Pengganti Anwar Usman
Hakim konstitusi Suhartoyo disepakati menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) pengganti Anwar Usman yang telah dipecat Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hakim konstitusi Suhartoyo disepakati menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) pengganti Anwar Usman yang telah dipecat Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). Hal tersebut merupakan keputusan Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) yang digelar hari ini.

Dikutip dari laman resmi MK, Suhartoyo menyandang gelar sarjana di Universitas Islam Indonesia pada 1983. Kemudian, dia melanjutkan studi S-2 di Universitas Taruma Negara dan lulus pada 2003.

Setelah itu, dia melanjutkan studi S-3 di Universitas Jayabaya dan lulus pada 2014. Suhartoyo sebelumnya adalah hakim pada Pengadilan Tinggi Denpasar. Dia terpilih menjadi hakim konstitusi menggantikan Ahmad Fadlil Sumadi yang habis masa jabatannya sejak 7 Januari 2015.

Profil Suhartoyo yang Terpilih Jadi Ketua MK Pengganti Anwar Usman

Foto: Dok MK





Pria kelahiran Sleman ini mengucap sumpah di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 17 Januari 2015. Suhartoyo disebutkan berasal dari keluarga sederhana, dan tidak pernah terlintas dalam pikirannya menjadi seorang penegak hukum.

Sebab, minatnya justru pada ilmu sosial politik ketika sekolah menengah umum (SMU). Sehingga, dia berharap dapat bekerja di Kementerian Luar Negeri.

Namun kegagalannya menjadi mahasiswa ilmu sosial politik memberi berkah tersendiri. Karena, Suhartoyo akhirnya memilih mendaftarkan diri menjadi Mahasiswa Ilmu Hukum.

“Saya tidak menyesali tidak diterima menjadi Mahasiswa Ilmu Sosial, karena sebenarnya ilmu sosial politik sama dengan lmu hukum. Orientasinya tidak jauh berbeda,” ujar suami dari Sutyowati ini dikutip dari laman resmi MK, Kamis (9/11/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)