Hari Ini Hakim Konstitusi Saldi Isra Diperiksa MKMK

Rabu, 01 November 2023 - 04:19 WIB
loading...
Hari Ini Hakim Konstitusi Saldi Isra Diperiksa MKMK
MKMK mengagendakan pemeriksaan Hakim Konstitusi Saldi Isra pada hari ini, Rabu (1/11/2023). Saldi Isra akan diperiksa terkait putusan batasan usia capres-cawapres. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) mengagendakan pemeriksaan Hakim Konstitusi Saldi Isra pada hari ini, Rabu (1/11/2023). Saldi Isra akan diperiksa terkait putusan usia capres-cawapres.

Selain Saldi Isra, MKMK juga akan memeriksa dua hakim lainnya yakni Manahan MP Sitompul dan Suhartoyo.

"Tiga lainnya lusa, sabar ya," kata Ketua MKMK Jimly Ashiddiqie, Selasa (31/10/2023).



Jimly tidak merinci substansi pemeriksaan yang akan ditanyakan kepada ketiganya. Namun, Hakim Konstitusi Saldi Isra pernah dilaporkan atas dugaan pelanggaran etik lantaran memberikan dissenting opinion yang memuat aspek nonyuridis.

"Jadi substansi pemeriksaan hakimnya nanti biar terlihat di pertimbangan putusan MKMK, yang jelas di samping kita ngecek itu, bagaimana mengenai tuduhan kode etik, hakim-hakim ini kita bebasin untuk curhat," ujarnya.

Diketahui, MKMK tengah memeriksa hakim konstitusi menyusul dugaan pelanggaran etik atas putusan usia capres cawapres. MKMK menyebut sanksi kode etik bisa berupa teguran hingga diberhentikan.

"Kalau di PMK (Peraturan Mahkamah Konstitusi) itu kan jelas ada tiga macam yakni teguran, peringatan, pemberhentian," kata Jimly.

Terkait pemberhentian, bisa berupa pemberhentian dengan tidak hormat. Namun demikian masih dimungkinkan dilakukan pemberhentian dengan hormat.

"Pemberhentian itu kalau secara eksplisit disebut pemberhentian dengan tidak hormat, tapi kan ada juga pemberhentian dengan hormat, ada juga pemberhentian bukan sebagai anggota tapi sebagai ketua," ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)