Kewaspadaan dan Efek Domino Perang Hamas-Israel

Rabu, 25 Oktober 2023 - 15:11 WIB
loading...
A A A
Efek domino terhadap meluasnya konflik

Presiden Joe Biden sebagai pemimpin sebuah negara super power dan maju, tentu setiap kebijakan politiknya secara langsung dan tidak langsung akan berdampak pada situasi keamanan global. Pada minggu terakhir ini, menyikapi situasi Israel Hamas, secara langsung beliau mengimbau rakyat Amerika untuk mendukung pendanaan bagi upaya perang Israel dan Ukraina. Beliau juga memperingatkan bahwa Hamas dan Presiden Rusia Vladimir Putin mempunyai ancaman yang sama terhadap demokrasi di AS.

Perintah dan kebijakan politik itu Biden sampaikan dalam Pidato beliau di Kantor Oval. Sebuah pidato yang hanya berdurasi sekitar 15 menit itu telah mendahului permintaan resmi Gedung Putih agar Kongres menyediakan sumber daya sekitar USD100 miliar untuk Israel, Ukraina, Taiwan, dan perbatasan selatan AS. Biden berpendapat bahwa mendukung Ukraina dan Israel dalam perjuangan mereka melawan Rusia dan kelompok militan adalah “Penting bagi keamanan nasional Amerika.” “Saya tahu konflik-konflik ini sepertinya masih jauh, dan wajar jika kita bertanya mengapa hal ini penting bagi Amerika,” kata Biden, Kamis 19 oktober 2023 lalu. Hamas dan Putin mewakili ancaman yang berbeda, namun mereka memiliki kesamaan tujuan yaItu - keduanya ingin memusnahkan demokrasi di negara tetangganya, tambah Biden.

Bagai mana harus bersikap sikap

Melihat tayangan berita di media dan sosmed tentu hati kita miris. Saat ini bangsa kita sedang menyongsong pesta demokrasi - tentu dimana mana orang sibuk membicarakan siapa capres cawapres caleg bacaleg. Di samping berita pesta demokrasi, sedang ramai juga diberitakan tentang kasus korupsi oknum pejabat, kasus terpidana kopi sianida, serta kasus kasus hukum lainnya.

Menyikapi situasi Gaza, yang harus diwaspadai adalah berkembangnya wacana penggalangan dana dan donasi donasi mengatas namakan kepentingan membantu rakyat Palestina. Biasanya pada masa lalu ditemukan beberapa kasus yang berujung pada penipuan oleh pelaku pelaku kejahatan. Ada juga Indikasi justru uang hasil donasi digunakan untuk pendanaan kejahatan termasuk pendanaan kegiatan terorisme.

Untuk itu, alangkah baiknya bila ingin bersedekah, membantu masyarakat yang tertindas, mengentaskan kemiskinan, membantu sesama umat beragama yang sedang mengalami kesulitan, maka berikanlah dan salurkanlah bantuan pada jejaring resmi pemerintah atau badan atau organisasi yang kredibel lain yang bisa diakses kontrol pemerintah. Ayolah, jangan berhenti beramal sedekah. Kita bantu penderitaan orang lain selagi kita bisa, marilah kita tanamkan empati dan simpati.
(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)