Gubernur Lemhannas yang Berasal dari Non Militer, Nomor 4 Gabung TPN Ganjar Presiden

Rabu, 25 Oktober 2023 - 05:29 WIB
loading...
A A A
Pria kelahiran Purwakarta, Jawa Barat pada 5 Juni 1954 diketahui berlatar belakang akademisi. Dia merupakan Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Ermaya memulai kariernya pada tahun 1972 sebagai agen polisi pamong praja di Irian Jaya dengan golongan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terendah C/1. Berbagai jabatan di lingkungan Depdagri juga dilaluinya, sehingga ia akhirnya menjadi guru besar penuh di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) yang kini bergnati nama menjadi IPDN bidang Manajemen Pemerintahan Golongan IV/E.

Pada 2015, Ermaya kemudian terpilih menjadi Rektor IPDN setelah sebelumnya menduduki posisi Wakil Rektor IPDN. Ia juga menjadi guru besar di Universitas Padjadjaran, Bandung dan Direktur Pascasarjana Universitas Satyagama, Jakarta.

Selain itu, Ermaya juga pernah menjadi dosen di Kursus Staf Senior TNI AD, dosen militer Artileri Medan (Armed) TNI AD, dosen Pusat Pendidikan Teritorial TNI AD, Sespim Polri dan Sesko TNI.

2. Muladi

Muladi juga menjadi tokoh non militer yang sempat menjabat sebagai Gubernur Lemhannas. Dia menduduki jabatan ini pada periode 2005 hingga 2011 menggantikan Prof Dr Ermaya Suradinata.

Lahir di Surakarta, 26 Mei 1943, Muladi dikenal sebagai akademisi dan tokoh nasional di bidang hukum. Dalam riwayatnya, dia juga pernah menempati jabatan penting lain seperti Rektor Universitas Diponegoro, Menteri Kehakiman, dan Menteri Sekretaris Negara.

Pria yang pernah menjadi Ketua DPP Partai Golkar Bidang Hukum dan HAM ini juga tercatat pernah meenjadi Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Fraksi Utusan Daerah (1997-1999) dan Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (1993-1998). Muladi juga pernah menjadi Hakim Agung pada periode September 2000 hingga Juni 2001.

3. Budi Susilo Soepandji

Budi Susilo Soepandji merupakan Gubernur Lemhannas dari non militer ketiga setelah Muladi. Adik mantan Jaksa Agung Hendarman Soepandji ini menjabat Gubernur Lemhannas pada periode 2011 sampai 2016.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)