Sektor Jasa: Berbasis Kinerja

Senin, 16 Oktober 2023 - 11:41 WIB
loading...
A A A
Hal ini karena performa sektor jasa bergantung pada ketrampilan para pekerja dalam memberikan layanan berkualitas kepada pelanggan, sehingga kualitas remunerasi yang diberikan akan berdampak langsung pada kualitas layanan. Faktor penting dalam pengukuran kinerja sektor jasa adalah menangkap, mencatat kinerja layanan yang diberikan. Apakah melalui berapa banyak keluhan yang muncul tercatat atas layanan yang diberikan atau berdasarkan pada kecepatan dan ketepatan layanan berdasarkan standar yang sudah disiapkan untuk setiap jenis layanan.

Sementara dalam sektor jasa Pendidikan, bisa diukur melalui layanan mengajar yang diberikan bisa dilihat dari daftar feedback serta kepuasan murid/mahasiswa atau materi yang diberikan apakah sudah sesuai dengan standar atau tidak. Termasuk jam kerja mengajar, yang diukur 2,5 jam untuk mata kuliah 3 SKS, apakah sudah terpenuhi, sementara mengajar bagi beberapa guru/dosen tidak hanya di ruang kelas, tetapi bisa juga di luar kelas.

Membangun Kinerja dan Remunerasi di Sektor Jasa
Adapun salah satu faktor yang mendasari ketidaksesuaian ini adalah metode evaluasi kinerja yang belum sepenuhnya mampu mencerminkan kontribusi sebenarnya dari karyawan. Metrik kinerja yang tidak relevan, tidak konsisten, atau bias dalam penilaian dapat mengaburkan pemahaman tentang seberapa baik karyawan telah bekerja.

Selain itu, beberapa organisasi di sektor jasa juga masih mempertahankan kebijakan remunerasi yang sudah ketinggalan zaman. Alhasil, sistem bonus dan insentif yang kurang fleksibel dan tidak memungkinkan penyesuaian dengan dinamika bisnis yang berkembang pesat tersebut dapat menciptakan ketidakpuasan pada karyawan.

Begitupula perubahan dalam lingkungan bisnis yang kerap terjadi pada sektor jasa yang dinamis, di mana sektor jasa dapat sangat rentan terhadap perubahan ekonomi dan teknologi. Sehingga, perubahan tersebut dapat memengaruhi jenis pekerjaan yang diperlukan dan organisasi mengalami kesulitan dalam menyesuaikan kebijakan remunerasi dengan cepat.

Berdasarkan berbagai problematika yang dihadapi sektor jasa terkait remunerasi, maka untuk mengatasi ketidaksesuaian kinerja dan remunerasi tersebut, organisasi di sektor jasa harus melakukan upaya serius untuk mengevaluasi dan memperbarui sistem remunerasi mereka dengan meninjau kembali metrik kinerja dan memastikan bahwa mereka relevan, obyektif, dan adil. Selain itu, organisasi di sektor jasa perlu meningkatkan transparansi dalam kebijakan remunerasi dan komunikasi.

Berikutnya perlu juga untuk mengintegrasikan fleksibilitas dalam sistem remunerasi guna dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis. Organisasi di sektor jasa juga perlu mempertimbangkan kebijakan yang mengurangi kesenjangan dalam kompensasi, serta mendengarkan masukan karyawan dan melakukan perbaikan berdasarkan umpan balik mereka.

Untuk itu, monitoring dan evaluasi secara terus menerus oleh tim independent perlu terus dilakukan, termasuk menyelenggarakan dialog dan mendengarkan berbagai masukan, untuk memperbaiki sistem remunerasi yang diterapkan. Di luar itu, diadakan dialog serta di dengarkan pendapatnya, juga merupakan bentuk penghargaan pada pekerja/karyawan sebagai bagian terpenting dari prinsip kekeluargaan dalam organisasi yang dibangun.

Melalui keseimbangan yang tepat antara kinerja yang dihargai dan kompensasi yang adil, organisasi dapat membangun budaya kerja yang produktif, memotivasi karyawan, dan mencapai kesuksesan jangka panjang. Semoga.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)