Pengamat: Video Manifesto Ganjar Harus Diapresiasi dan Perlu Diikuti Capres Lain

Kamis, 14 September 2023 - 01:37 WIB
loading...
A A A
Lebih lanjut Lukman menuturkan bahwa pernyataan Ganjar dalam manifesto tersebut patut diapresiasi dan tidak semata-mata dianggap sebagai gimmick dan bisa menjadi ajang bagi masyarakat untuk terus mengawasi serta bagaimana Ganjar menganalisa berbagai masalah secara kongkrit berdasarkan pengalaman

“Karena manifesto adalah sumpah terbuka yang ditujukan pada publik, maka siapa pun berhak membuat manifesto, dan manifesto Ganjar harus diapresiasi sebagai prinsip utama agar dirinya selalu diawasi oleh rakyat, jangan lantas dianggap sebagai gimmick,” ujarnya

“Manifesto Ganjar lebih menampilkan ekstraksi pengalaman dan analisisnya sebagai bagian dari wong cilik yang kemudian dijadikan pedomannya saat memimpin daerah. Virtue kepemimpinan Ganjar terletak pada hal-hal yang memang menjadi problem mayoritas masyarakat yaitu kesejahteraan yang timpang, pun Ganjar mengalami keprihatinan serupa pada masanya,” ucapnya.



Menurutnya, sudah sepantasnya semua pemimpin memiliki manifesto politik dan patut meniru Ganjar, dibandingkan kampanye ngalor-ngidul di atas mimbar yang disaksikan oleh banyak pendukung. “Bahkan setiap calon pemimpin sudah seharusnya membuat manifesto secara terbuka dengan tujuan agar tidak menutup keran kritik terhadap dirinya seraya mencegah timbulnya absolutisme kepemimpinan,” ucapnya.

“Namun lagi-lagi masalahnya, manifesto itu butuh keberanian mental, kerasionalan budi dan akal serta kejujuran moral. Tentu lebih mudah bagi calon pemimpin untuk berkampanye ngalor-ngidul di atas mimbar yang tinggi disaksikan banyak pendukung, atau menugaskan orang tertentu memoles citra dirinya tanpa harus bersusah payah, atau bahkan memasang spanduk atau baliho berderet-deret di tiap jalan raya yang ramai dilintasi masyarakat,” pungkasnya.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2480 seconds (0.1#10.140)