Menakar Peluang Ridwan Kamil Menjadi Cawapres Ganjar

Minggu, 10 September 2023 - 06:58 WIB
loading...
Menakar Peluang Ridwan Kamil Menjadi Cawapres Ganjar
Ridwan Kamil dinilai memiliki peluang yang besar untuk menjadi pendamping atau bakal calon wakil presiden bagi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dinilai memiliki peluang untuk menjadi pendamping atau bakal calon wakil presiden bagi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 . Seberapa besar kansnya?

Peluang Ridwan Kamil menjadi cawapres Ganjar menguat setelah Muhamin Iskandar diduetkan dengan Anies Baswedan. Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah saat disinggung mencuatnya isu Ridwan Kamil akan menjadi cawapres Ganjar Pranowo. "Ridwan Kamil punya peluang besar, utamanya pasca-Anies dideklarasikan bersama Muhaimin," ujar Dedi kepada MNC Portal Indonesia, Sabtu (9/9/2023).

Dedi mengatakan, kehadiran Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai salah satu bakal cawapres di Pilpres 2024 tentu akan mengancam lumbung suara Ganjar di Jawa Tengah. PKB yang dipimpin Cak Imin tentu memiliki kekuatan juga di Jateng.

"Maka, perebutan Jawa Barat menjadi penting. Dengan kondisi yang ada, Ridwan besar kemungkinan dideklarasikan bersama Ganjar," ujarnya.



Sebelumnya, Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro menyebut Siti Ganjar menguasai wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun, Ganjar sulit mendulang suara di Jawa Barat. Untuk itu, bergabungnya Ridwan Kamil dapat mendongkrak suara Ganjar di Jawa Barat. Ridwan Kamil menguasai suara di Jawa Barat.

"RK (Ridwan Kamil) dianggap bisa mendongkrak Jawa Barat dan tentunya dia ahlilah. Dua orang itu betul-betul orang publik, orang milenial dan memang bagus," ujarnya, Kamis (7/9/2023).

Hal ini juga dapat mengubah peta koalisi Pilpres 2024. Sebab, Ridwan Kamil berstatus politikus Partai Golkar. Diketahui, partai berlambang pohon beringin itu telah menjadi anggota Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.



Selain itu, apabila Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil maju dalam Pilpres 2024, tak dapat dimungkiri suara Prabowo Subianto bisa teriris di Jawa Barat. "Cuma masalahnya kan ini kader sudah, anak ini kader, wakil ketua umum lagi (Ridwan Kamil). Jadi, menurut saya, kita di pemilu ini dipertontonkan dengan masalah etika," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)