Pengamat: Ganjar-Ridwan Kamil Cukup Seksi, Berpotensi Menguasai Jawa

Selasa, 22 Agustus 2023 - 17:10 WIB
loading...
Pengamat: Ganjar-Ridwan Kamil Cukup Seksi, Berpotensi Menguasai Jawa
Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Litbang Kompas merilis hasil survei soal elektabilitas capres dan cawapres 2024. Ganjar Pranowo mencuat sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi, sementara Ridwan Kamil teratas di posisi cawapres.

Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 24,9 persen mampu menyalip elektabilitas Prabowo Subianto yang berada di angka 24,6 persen. Sementara, Anies Baswedan meraih 12,7 persen.

Dalam hal tingkat keterpilihan cawapres, muncul nama Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dengan perolehan 8,4 persen. Sementara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri BUMN Erick Thohir masing-masing mengantongi 8,2 persen dan 8,0 persen.

Merespons hal tersebut, Pengamat Politik Citra Institute, Yusak Farchan menyatakan dua nama elektabilitas tertinggi dari capres dan cawapres cocok untuk disandingkan. Jika Ganjar berpasangan dengan RK, Yusak menyatakan keduanya mampu mengamankan perolehan suara di Pulau Jawa.

"Pasangan Ganjar-RK memang cukup seksi karena berpotensi bisa menguasai Jawa. RK bisa menambal kelemahan Ganjar di Jawa Barat," kata Yusak saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (22/8/2023).



Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menyebutkan RK sebagai gubernur memiliki keunggulan dalam mengolah social media dan kepiawaiannya dalam arsitektur.

"Dia disukai karena followers media sosialnya banyak, itu yang menjadi kelebihan dia," kata Ujang.

Ujang menambahkan, kelebihan Ridwan Kamil lainnya adalah mengkapitalisasi kehebatannya di bidang arsitek untuk bisa membangun landscap-landscape masjid yang bagus di Jawa Barat maupun di Indonesia. Dengan ketenarannya itu, maka mampu mendongkrak suara Ganjar di Jawa Barat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)