DPR Mulai Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu

Senin, 03 April 2017 - 13:30 WIB
DPR Mulai Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu
DPR Mulai Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu
A A A
JAKARTA - Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) digelar mulai hari ini hingga besok.

Fit and proper test
hari ini dibagi menjadi tiga sesi, yakni empat orang calon komisioner KPU di sesi pertama, lima orang di sesi dua dan tiga.

Kemudian untuk besok, dibagi dua sesi untuk calon komisioner Bawaslu. Masing-masing sesi lima orang calon.

Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali mengatakan, Komisi II kan menggelar rapat internal setelah fit and proper test digelar. "Mengambil keputusan tentang siapa yang terpilih menjadi calon anggota KPU-Bawaslu," kata di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/4/2017).

Kemudian, hasil rapat internal Komisi II DPR itu dilaporkan ke rapat badan musyawarah (Bamus) DPR pada Rabu 5 April 2017.

"Kami harap tanggal 6 (April) pimpinan DPR menjadwalkan paripurna salah satu agenda menyampaikan laporan tentang uji kepatutan dan kelayakan sebagaimana yang dilakukan Komisi II," pungkasnya.

Fit and proper test tersebut digelar terbuka untuk media massa. Tujuannya agar kapasitas masing-masing calon bisa diketahui masyarakat.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9784 seconds (0.1#10.140)