Meniti Jalan Pancasila dalam Ekologi Spiritual

Rabu, 07 Juni 2023 - 11:37 WIB
loading...
Meniti Jalan Pancasila dalam Ekologi Spiritual
Arief Rosyid Hasan, Pengurus LPBI PBNU. Foto/Dok Pribadi
A A A
Arief Rosyid Hasan
Pengurus LPBI PBNU

PADA tanggal 1 Juni kita telah melewati momen peringatan hari Pancasila. Tahun ini, tema yang diusung ialah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Pancasila dianggap mampu mendorong kesadaran akan jati diri bangsa yang tercermin melalui gotong royong atau kerja sama-kolaborasi, untuk mencapai tatanan kebudayaan yang ideal dan pertumbuhan global.

Presiden Jokowi dalam pidato Peringatan Hari Lahir Pancasila menegaskan pentingnya mengenal akar atau jati diri bangsa, sebab bangsa yang mengenal diri dan sejarahnya mampu duduk sejajar dengan bangsa lain. Dengan begitu, Indonesia siap bekerja sama, siap memimpin, dan mampu berkolaborasi dengan negara mana pun.

Kemajemukan budaya Indonesia dianggap menjadi titik temu serta jembatan atas perbedaan yang ada di dunia. Ideologi Pancasila yang dipegang Indonesia membuat kepemimpinannya diterima dan diakui dunia. Secara kongkret, kita telah melihat penyelenggaraan G20 di Bali yang dihadiri pemimpin berbagai negara menghasilkan sejumlah kesepakatan sebagai solusi masalah global.

Salah satu isu yang sentral adalah masalah ekologi dan perubahan iklim, sehingga Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni ini perlu dijadikan momentum merefleksikan sejauh mana kontribusi kita dalam mengatasi masalah-masalah tersebut. Bertautan dengan Pancasila sebagai ideologi bangsa yang seharusnya menjadi sumber kekuatan dalam menyemai rumusan solusinya.

Pada tanggal 2-4 Juni 2023, Lembaga Penanggulanganan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas). Acara itu menjadi momen silaturahmi untuk melihat lebih dalam bagaimana kontribusi kita secara individu dan struktural dalam menanggulangi bencana dan perubahan iklim (climate change).

Kegiatan ini bertujuan melakukan konsolidasi, penguatan kelembagaan LPBI NU se-Indonesia, juga memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam penanggulangan bencana serta perubahan iklim. Ikhtiar ini untuk memperkokoh Nahdlatul Ulama sebagai organisasi Islam terbesar di dunia yang telah berusia satu abad dalam merawat jagat dan membangun peradaban.

Bagi Ketum PB NU Gus Yahya, masalah bencana dan perubahan iklim merupakan masalah fundamental dan kompleks sehingga harus didekati dari beragam perspektif, menyangkut berbagai kehidupan masyarakat. Artinya perlu respons dari hulu ke hilir, mulai dari kebijakan hingga pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sekitar.

Ekologi Spiritual


Kenyataan-kenyataan besar dalam peradaban yang harus dihadapi dengan menyesuaikan diri, cara berpikir, berjalan, dan bertindak. Kita perlu menerima gagasan baru, tanpa meninggalkan akar tradisi dan agama. Bahkan menggalinya untuk bertemu pada titik temu antara ketiganya, yakni agama, perubahan zaman (modernitas) dan kebijaksanaan tradisi demi kemaslahatan bersama.

Islam akan terus membawa solusi dari perubahan zaman, sesuai konteks budaya-sosialnya. Dalam ekologi spiritual, gagasan dasarnya yakni melihat alam dan lingkungan hidup bukan hanya sebagai objek, tapi juga subjek yang setara dengan manusia dan makhluk lain. Alam tidak boleh dieksploitasi, melainkan tanggung jawab moril kita menjaganya demi menciptakan keseimbangan (equilibrium).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)