Meniti Jalan Pancasila dalam Ekologi Spiritual

Rabu, 07 Juni 2023 - 11:37 WIB
loading...
A A A
Ketua LPBI PBNU, Kang Ace Hasan dalam sambutannya di Rakornas menyinggung pandangan Sayyed Hossein Nasr seorang guru besar dan intelektual Islam yang melihat bahwa krisis lingkungan dan kerusakan alam tidak serta merta disebabkan oleh alam itu sendiri, namun ada intervensi manusia dan sains/teknologi yang turut menyebabkan degradasi lingkungan.

Untuk mengatasinya, agama harus hadir melakukan rekonstektualisasi nilai-nilai agama dan kearifan lokal. Secara praktik, kita perlu menggali kearifan lokal, tradisi, dan budaya nusantara dalam menjaga kesuburan bumi. Secara nilai, kita wajib menepis pandangan antroposentisme yang memandang manusia sebagai satu-satunya pemegang kendali atas alam semesta.

Kita bisa melihat bagaimana bencana alam seperti tsunami, likuifaksi, gempa bumi, banjir, dan longsor membuat manusia tidak berdaya. Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terdapat 749 peristiwa bencana alam di Indonesia sejak 1 Januari hingga 31 Maret 2023, yang mengakibatkan lebih dari 5,49 juta orang menderita dan mengungsi.

Kenyataan itu menunjukkan bahwa manusia membutuhkan kesadaran untuk bertanggung jawab pada lingkungan. Untuk menumbuhkan itu, perlu kebijakan, kerja sama, dan kolaborasi. Isu lingkungan harus terus digemakan dalam obrolan tongkrongan, dalam ceramah di atas mimbar, dalam pembelajaran kurikulum di sekolah, dan dalam bidang apa pun yang kita geluti. Pancasila dalam perbuatan!
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)