Efisiensi Logistik untuk Daya Saing Indonesia

Senin, 05 Juni 2023 - 08:29 WIB
loading...
A A A
Tantangan geografis, geoekonomi, dan geopolitik menjadi tantangan yang harus dilalui. Tentunya untuk mencapai perbaikan logistik di Indonesia diperlukan penguatan sistem logistik yang baik dalam tataran kebijakan dan regulasi, teknis dan operasional, pembiayaan dan investasi, hingga SDM pendukung yang saat ini masih belum optimal.

Kegiatan logistik sangat membutuhkan keterpaduan, baik dari aspek infrastruktur maupun manajemen, sementara kegiatan logistik saat ini bersifat parsial dan pembinaannya tersebar di berbagai Kementerian. Kondisi yang demikian ini dapat berpotensi menimbulkan masalah yang berkaitan dengan aspek koordinasi, keselarasan, keterpaduan berbagai unsur yang terlibat dalam aktifitas logistik.

Secara sederhana, upaya penguatan ekosistem logistik untuk memajukan perekonomian dapat diklasterisasi di antaranya melalui sinkronisasi dan harmonisasi kebijakan, penyederhanaan birokrasi dan kewenangan, pembiayaan dan investasi logistik, serta jaminan kemudahan berusaha dan dukungan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Semoga.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)