Tanpa Amien Rais PAN Kehilangan Roh Oposisi

Jum'at, 24 Juli 2020 - 08:55 WIB
loading...
Tanpa Amien Rais PAN Kehilangan Roh Oposisi
Tokoh Reformasi yang juga pendiri PAN M Amien Rais. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menyatakan, pernyataan Tokoh Reformasi M Amien Rais yang mengaku telah dikeluarkan dari Partai Amanat Nasional (PAN) oleh anak buahnya tidak bisa disangkal. Dedi menilai, PAN akan rugi kehilangan Amien Rais karena partai itu diprediksi bakal mandul menjadi oposisi.

"Tanpa Amien Rais PAN akan kehilangan roh oposisi, dan ini secara politis memengaruhi prospek Pemilu 2024 ," ujar Dedi saat dihubungi SINDOnews, Jumat (24/7/2020).

Padahal, menurut Dedi, tren pemilih dalam catatan IPO ada kenaikan elektabilitas bagi parpol oposisi. Dan, Amien saat ini dianggap sebagai simbol oposisi.( ).

Selain itu, dari sisi porsi, loyalis Amien juga cukup banyak. Sehingga, sangat mungkin dengan kondisi saat ini semangat politik Amien masih mengemuka, dan jika diarahkan pindah gerbong, akan membawa dampak semakin buruk bagi PAN.

"Sisi baik bagi PAN hanya soal kemudahan diterima koalisi pemerintah, bisa saja ini bagian dari upaya PAN untuk bergabung dengan pemerintah," tutur dia.( ).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)