alexametrics

Ini Dia Menteri Terkaya di Kabinet Kerja

loading...
Ini Dia Menteri Terkaya di Kabinet Kerja
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (Dok/SINDOphoto)
A+ A-
JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman tercatat sebagai menteri terkaya. Ini diketahui berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada KPK.

Penyerahan LHKPN ini merupakan perintah Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas KKN mewajibkan para pejabat negara seperti anggota DPR dan menteri melaporkan harta kekayaannya.

Pada jajaran pejabat negara di pemerintahan, seperti menteri, kepatuhan dalam melaporkan harta kekayaannya sudah terbangun cukup baik. Dalam laman acch.kpk.go.id tentang LHPKN Menteri Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK, hampir semua menteri telah melaporkan harta kekayaannya.



Dari data laporan LHPKN KPK tersebut, tercatat Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menduduki peringat pertama dalam harta kekayaan. Dalam laporan tersebut Mentan Andi Amran memiliki harta kekayaan sebesar Rp330.800.543.325 dan USD4342.

Artinya Mentan Amran merupakan menteri terkaya dalam jajaran Kabinet Jokowi-JK ini. Hal tidak mengherankan mengingat latar belakang Mentan Amran sebelum diberi amanah menjabat menteri merupakan seorang pengusaha sukses di Sulawesi Selatan.

Sedang Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan tercatat sebagai menteri yang paling sedikit harta kekayaannya, yakni sebesar Rp903.167.000 dan USD1.800.

Sementara itu sebanyak 203 dari 560 anggota DPR hingga kini belum menyerahkan LHKPN kepada KPK. Sementara para menteri di Kabinet Kerja Jokowi-JK seluruhnya telah menyerahkan LHKPN.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak