Catat! Ini Peta Titik Rawan Longsor Jalur Mudik Lebaran 2023 di Pulau Jawa

Jum'at, 31 Maret 2023 - 17:10 WIB
loading...
Catat! Ini Peta Titik Rawan Longsor Jalur Mudik Lebaran 2023 di Pulau Jawa
Badan Geologi Kementerian ESDM mengeluarkan peta titik rawan longsor di jalur mudik Lebaran 2023 di Pulau Jawa. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan peta titik rawan longsor di jalur mudik di Pulau Jawa mulai dari wilayah barat, tengah, dan timur menjelang Lebaran 2023.

“Kami juga membuat prakiraan (peta rawan longsor), nanti kan menjelang HARI RAYA Lebaran ini April mestinya sudah tidak ada hujan, tapi mungkin masih ada juga,” ungkap Kepala Badan Geologi Sugeng Mujiyanto, Jumat (31/3/2023).

Meski begitu, potensi gerakan tanah atau longsor pada saat mudik Lebaran tahun ini cukup kecil. Namun demikian, tetap perlu diwaspadai ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.



“Ini kalau kalau terjadi hujan yang sangat lebat, ini nanti wilayah-wilayah mana sih kira-kira akan terjadi. Kebetulan untuk di Jawa ini dari prakiraan cuaca dan juga prakiraan gerakan tanahnya alhamdulillah agak hijau semua, jadi hanya spot-spot kecil banget gitu ya, nanti ada warnanya merah dan ini skalanya masih skala kecil,” kata Sugeng.

Sugeng menyebut longsor tersebut terjadi akibat beberapa faktor pendukung di antaranya kemiringan lereng ditambah curah hujan tinggi. “Ini ada beberapa hal yang pertama tadi batuan itu sendiri, yang kemudian yang kedua kelerengan, kalau curam banget ya pasti akan mudah (longsor), kalau udah curam kemudian batuannya nggak stabil ya gampang longsor plus lagi curah hujan ditambah air,” katanya.



“Curah hujannya sampai berapa jam ya beberapa beberapa wilayah yang hujannya sangat deras kemudian hanya hujan yang sedang sedang-sedang saja tidak ekstrem pun juga sudah sudah longsor,” tandasnya.

Berikut peta titik rawan gerakan tanah atau tanah longsor pada jalur Jalan raya menjelang Lebaran 2023 di Jawa bagian Barat:

Jalur Ciawi - Cianjur
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5258 seconds (0.1#10.140)