Perjalanan Karier Jokowi: Pernah Ditipu Saat Usaha Mebel hingga Jadi Presiden Indonesia

Senin, 20 Maret 2023 - 16:03 WIB
loading...
A A A
Beberapa bulan berselang, Jokowi pulang ke Solo dan menikahi seorang wanita bernama Iriana. Kehidupan rumah tangganya dimulai dengan tinggal di hutan rimba Aceh selama kurang lebih dua setengah tahun.

Saat Iriana dalam kondisi hamil, Jokowi memutuskan untuk menunggu kelahirannya di Solo. Di sana, Jokowi ikut pamannya dengan bekerja di pabrik mebel guna mencari pengalaman.



Pada akhirnya, setelah kelahiran anak pertamanya yang bernama Gibran, Jokowi mendirikan perusahaan yang beroperasi di bisnis mebel. Namanya adalah CV Rakabu.

Jatuh bangun dialami Joko Widodo saat menjadi pengusaha mebel. Dalam salah satu pengalaman, dia menceritakan pernah habis ditipu oleh pelanggan.

Barang pesanan sudah dikirimnya, namun uang bayaran tak kunjung dibayarkan. Tak hanya itu, orang yang menipunya tersebut juga menghilang.

Tak menyerah begitu saja, Jokowi kembali bangkit. Pasca mendapat pinjaman modal usaha, dia bergerak untuk mencari pesanan dengan cara mengikuti pameran-pameran mebel. Hasilnya, usaha miliknya terus berkembang dan mulai dikenal banyak orang.

Setelahnya, Joko Widodo memberanikan diri untuk terjun ke dunia politik dan maju di Pilkada Solo. Dia berhasil terpilih menjadi Wali Kota Solo selama dua periode, masing-masing 2005-2010 dan 2010-2015.

Namun, di tengah kepemimpinannya di Solo saat periode kedua, Jokowi mendapat tugas dari partai untuk maju ke Pilkada DKI Jakarta. Berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama, dia berhasil menang.

Baru dua tahun memimpin, Joko Widodo dicalonkan partainya untuk Pilpres tahun 2014. Pada akhirnya, Jokowi berhasil menjadi Presiden Indonesia selama dua periode. Masa jabatannya ini akan berakhir pada 2024 mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2312 seconds (0.1#10.140)