Perjalanan Karier Jokowi: Pernah Ditipu Saat Usaha Mebel hingga Jadi Presiden Indonesia

Senin, 20 Maret 2023 - 16:03 WIB
loading...
Perjalanan Karier Jokowi: Pernah Ditipu Saat Usaha Mebel hingga Jadi Presiden Indonesia
Joko Widodo atau biasa dikenal Jokowi merupakan Presiden Indonesia yang saat ini aktif menjabat. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Joko Widodo atau biasa dikenal Jokowi merupakan Presiden Indonesia yang saat ini aktif menjabat. Dalam riwayatnya, dia telah memasuki periode kedua sebagai kepala negara yang sebelumnya diduduki sejak tahun 2014.

Kisah hidup Jokowi pernah diceritakan dalam sebuah unggahan video di kanal YouTube ‘Presiden Joko Widodo’ yang tayang pada 12 April 2019. Dari seorang lulusan Insinyur Kehutanan biasa hingga menjadi Presiden Indonesia, simak perjalanan hidup dan kariernya berikut ini!

Perjalanan Hidup dan Riwayat Karier Presiden Jokowi (H2)

Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961 dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi. Dia adalah anak sulung dari empat bersaudara. Dalam hal ini, ketiga adiknya adalah perempuan.



Berasal dari keluarga biasa, saat kecil Jokowi dan keluarganya kerap berulang kali pindah rumah kontrakan sederhana untuk ditinggali. Ayahnya bekerja untuk mencukupi kehidupan dengan berjualan bambu dan kayu di pasar.

Suatu hari, rumah keluarganya terkena penggusuran dari pemerintah daerah terkait rencana pembangunan fasilitas kota. Pasca kejadian tersebut, Jokowi dan keluarganya terpaksa untuk menumpang sementara di rumah pamannya.

Meski demikian, kejadian memilukan tersebut tidak menyurutkan semangat dari keluarganya. Setelah itu, bapak Jokowi menjadi sopir angkutan umum. Sementara sang Ibu meneruskan usaha bapak di pasar.

Seiring waktu, usaha kedua orang tua Jokowi terbayarkan. Pada akhirnya, ayahnya bisa membuka bengkel usaha kayu. Setelah beberapa tahun, terkumpul uang yang akhirnya bisa untuk membeli rumah sederhana.

Sekitar 1980, Jokowi memutuskan untuk mengenyam bangku kuliah dengan memilih jurusan Teknologi Kayu, Kehutanan, Universitas Gadjah Mada (UGM). Alasan Jokowi memilih jurusan tersebut adalah karena ingin mengikuti jejak sang ayah dan mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar.

Saat kuliah, Jokowi sangat menyukai musik cadas dengan beberapa grup band seperti Metallica, Queen, dan lainnya. Selain itu, dia juga memiliki hobi naik gunung.

Jokowi lulus kuliah pada tahun 1985. Tak lama setelahnya, dia melamar pekerjaan di perusahaan kertas di Aceh. Saat diterima, dia ditempatkan di hutan rimba dan bertugas mempersiapkan persemaian pinus untuk nantinya ditanam di hutan-hutan yang gundul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3438 seconds (0.1#10.140)