BUMD Elemen Strategis Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Rabu, 15 Februari 2023 - 19:48 WIB
loading...
A A A
BUMD DKI memiliki tugas dalam mengembangkan perekonomian daerah melalui peranannya sebagai institusi pelayanan publik dan mendukung program Pemprov DKI dalam membangun kota dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah/PAD.

Sebagai agent pembangunan yang memiliki peran strategis dalam mengakselerasi dan penetrasi pertumbuhan ekonomi, BUMD perlu memiliki sense of humanity sekaligus sense of bussiness yang selaras dan harmonis.

Dengan demikian, keuangan negara melalui instrumen APBD dapat terdeliver secara berkualitas dan berdampak jangka panjang terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Karena itu, BUMD perlu berkomitmen meningkatkan kapabilitas SDM yang berkelanjutan dan sinergis dengan visi dan misi pemerintah. Sehingga, SDM memiliki kemampuan untuk menangkap, mengimprovisasi, hingga mengeksekusi perencanaan-perencanaan secara cepat, terukur, serta berkualitas. Namun, di sisi lain juga tetap akuntabel, transparan, dan sesuai kaidah Good Corporate Governance (GCG).

Untuk mengimplementasikan kondisi ini, BUMD perlu bersinergi dengan stakeholders maupun menggandeng kampus demi meningkatkan kemampuan SDM yang unggul, adaptif, berintegritas, dan memiliki visi berkelanjutan untuk Indonesia maju. Terlebih, Indonesia disebut sebagai salah satu negara yang akan menuju kepada fase bonus demografi, singkatnya Indonesia akan surplus SDM usia produktif.

Menimbang kondisi ini, Jakarta sebagai katalisator pembangunan Indonesia sekaligus episentrum bisnis membutuhkan ekosistem human capital development yang kontinu, termonitor, dan integral. Sehingga, kekuatan SDM menjadi aset perusahaan yang mampu meng-create tantangan menjadi peluang melalui berbagai inovasi produk maupun pelayanan publik.

Jakarta kota metropolitan besar di belahan dunia selatan yang sejajar dengan kota-kota besar lainnya di dunia membutuhkan SDM unggul, nasionalis, berintegritas, dan memiliki visi yang sama untuk Indonesia maju, yang diterjemahkan oleh Pemprov DKI menjadi Sukses Jakarta untuk Indonesia.

Dengan demikian, diharapkan Jakarta akan menjadi magnet bagi investor domestik maupun luar negeri untuk berinvestasi. Di sisi lain, sektor produksi dan jasa pun bergerak secara berkualitas. Hal ini bisa memantik dan menjaga momentum konsumsi rumah tangga tetap terjaga tinggi di Jakarta. Sehingga, insan BUMD di Jakarta dapat berkontribusi lebih jauh untuk mensejajarkan Jakarta dengan kota-kota besar lainnya di dunia.
(jon)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)