Kasus Covid-19 Melonjak, Lampu Kuning untuk Pilkada Serentak

Selasa, 14 Juli 2020 - 09:31 WIB
loading...
A A A
“Jika tren angka positif Covid terus meningkat dan belum menunjukkan adanya kurva penurunan, maka pilkada ini sangat dipaksakan untuk dilanjutkan,” ujarnya kemarin.

KPU Optimistis

Di lain pihak, KPU tetap yakin pilkada akan sesuai jadwal. KPU meminta semua pihak terkait untuk ikut berkontribusi menyukseskan pelaksanaan pilkada. Komisioner KPU Dewa Wiarsa Raka Sandi mengatakan, sejauh ini tahapan lanjut karena itu adalah keputusan terakhir yang diambil pemerintah bersama DPR dengan melibatkan penyelenggara pemilu.

“KPU terus melakukan tahapan karena belum ada keputusan baru terkait evaluasi mengenai kelanjutan tahapan,” katanya saat dihubungi kemarin.

KPU juga menyadari makin meningkatnya jumlah kasus Covid-19. Namun, berdasarkan hasil rapat koordinasi KPU dengan Gugus Tugas dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), angka positif tersebut diakui sangat dinamis. Karena itu langkah terpenting untuk menjawab pertanyaan soal kesiapan pilkada adalah dengan memastikan protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik. (Lihat videonya: Pemotor Arogan Hentikan Ambulans yang Sedang Bawa Pasien)

“Kami harapkan semua pihak disiplin dan berpartisipasi mengikuti protokol kesehatan. Kalau lihat di jalan dan mal, betulkah masyarakat khawatir terhadap Covid? Nyatanya mereka merasa telah normal kembali,” ujarnya.

Soal anggaran, Raka menerangkan bahwa berdasarkan data terakhir pada rapat pleno KPU kemarin, sudah ada 113 pemda yang mencairkan 100% anggaranya. Dalam dua hari terakhir, dia berharap seluruh KPU di 270 daerah sudah menerima transferan dana dari pemda masing-masing.

“Kita tidak boleh ragu-ragu, langkah sudah ditentukan, semua pihak berkooordinasi, bekerja keras saling memberikan masukan dan saran agar tahapan demi tahapan ini berjalan sesuai prinsip pilkada yang demokratis dan konsisten menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya. (Kiswondari /Dita Angga/Bakti)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3192 seconds (0.1#10.140)