Wapres Ingin Kembalikan Fungsi Masjid seperti di Zaman Nabi

Rabu, 08 Juli 2020 - 21:14 WIB
Oleh karena itu Jusuf Kalla mempunyai strategi bagaimana masjid harus difungsikan dengan baik, salah satu motto DMI memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

"Fungsi masjid di antaranya tempat ibadah, menjadi pusat bantuan masyarakat, pemberdayaan ekonomi, pusat keilmuan," katanya.

Cendikiawan muslim, Prof Azumardi Azra menambahkan, masjid juga bisa sebagai pusat ilmu pengetahuan dan teknologi, serta inovasi yang bermanfaat bagi kemanusiaan. Hal ini pernah dilakukan misalnya Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berhasil membuat ventilator.

Menurutnya, ketika berbicara peradaban, maka harus dari semua sisi. Sebab, kemajuan ekonomi masih menjadi tantangan bagi umat Islam. "Peradaban bisa dibangun melalui misalnya sistem politik yang adil, pemahaman agama yang moderat, sehingga umat bisa nyaman dan tenang," katanya.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Nasarudin Imar menegaskan, Masjid Istiqlal berkomitmen menjadi New Istiqlal, tidak hanya sebagai pusat ibadah tetapi juga pusat peradaban dunia. Hal ini ditandai dengan membuka berbagai macam program di antaranya pendidikan kader ulama, pusat dialog agama, pemberdayaan ekonomi, dan lain-lain.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More