Optimisme 2022, Waspada 2023

Senin, 14 November 2022 - 08:47 WIB
Urgensi Peran G20

Ekonomi global perlu dipahami sebagai kekuatan untuk dapat mendukung penguatan ekonomi nasional yang diupayakan oleh tiap-tiap negara di dunia. Kini, di momen ketika Indonesia dipercaya menjadi Presidensi G20, berperan penting dalammembangkitkan ekonomi global, sekaligus memperkuat perekonomian nasional.

PresidensiG20Indonesia akan menjadi ajang dialog, kerja sama dan koordinasi respons kebijakan antarnegara untuk mendorong pemulihan dan menjaga pertumbuhan ekonomi yang kuat dan seimbang, di tengah-tengah guncangan dan tantangan yang dihadapi.

Pertemuan pimpinan negara G20, akan memberikan arah, panduan serta kepercayaan pasar bagi prospek perekonomian serta stabilitas sistem keuangan ke depan. Hal ini sejalan dengan penegasan komitmen anggota G20 terhadap kebijakan yang terkalibrasi, terencana, dan dikomunikasikan dengan baik untuk mendukung pemulihan berkelanjutan.

Selain itu, G20 juga diharapkan bisa mengurangi efek luka pandemi maupun dampak rambatan (spillover) guna mendukung pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

Oleh sebab itu, kesuksesan Presidensi G20 sangat berdampak pada hampir seluruh sektor pemerintahan, tidak hanya memberikan manfaat bagi Indonesia sendiri, melainkan juga berdampak luar biasa besar bagi dunia, terutama tanggung jawab kepemimpinan yang selama ini telah dijalankan Indonesia di dunia internasional. Semoga.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(ynt)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More