Ini 5 Komandan Kopassus dengan Masa Jabatan Terlama

Selasa, 11 Oktober 2022 - 16:30 WIB
2. Witarmin

Dalam kariernya di dunia militer, Brigjen TNI Witarmin juga pernah menjabat Komandan Kopassus. Pria kelahiran 2 Februari 1925 ini mulai memimpin sejak tahun 1970 hingga 1975 atau sekitar 5 tahun masa jabatan.

Sebelum menjadi Danjen Kopassus, Witarmin sebelumnya juga pernah menempati posisi Wadan Puspassus AD.

3. Idjon Djanbi

Rokus Bernardus Visser atau biasa dikenal Idjon Djanbi merupakan warga negara Belanda dan bekas pasukan Korps Speciale Troepen (KST). Setelah peristiwa Agresi Militer, dia keluar dari militer dan memilih menjadi petani bunga di Jawa Barat.

Dikutip dari pemberitaan Sindonews, sosok Idjon Djanbi tak bisa dipisahkan dari sejarah pendirian Kopassus. Singkat cerita, saat berada di Lembang dia didatangi oleh Letda Soegijanto guna membahas pembentukan pasukan komando.

Setelahnya, pada 16 April 1952 dibentuklah Pasukan Khusus Kesatuan Komando Teritorium Tentara III/Siliwangi atau Kesko III yang dipimpin Idjon Djanbi sendiri. Adapun tanggal tersebut pada perkembangannya dijadikan sebagai hari kelahiran Kopassus.

Dalam tugasnya sebagai Komandan Kopassus yang pertama, Idjon terus memimpin hingga tahun 1956. Kala itu, dia memutuskan mundur karena melihat keadaan yang dirasa tidak kondusif.

Baca juga : HUT ke-69 Kopassus, Ini Kisah Heroik Prajurit Korps Baret Merah di Medan Operasi

4. Kuntara
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More