Peran Serikat Pekerja Sektor Parekraf

Selasa, 28 Juni 2022 - 15:50 WIB
Tren global kini menempatkan creative hub sebagai cara jitu untuk mengorganisasi inovasi dan pengembangan proses kreatif warga bangsa. Infrastruktur creative hub yang berupa gedung memiliki gereget dan menjadi sangat dinamis jika diisi oleh komunitas yang memiliki daya inovatif dan kreatif yang kurikulum atau materi pelatihan sudah terstruktur.

Selama ini industri kreatif di Tanah Air tumbuh dinamis dan banyak digerakkan oleh pekerja muda atau milenial. Menurut data BPS, dari total jumlah penduduk pada 2020, ada 87 juta jiwa yang merupakan penduduk usia 20-39 tahun.

Perlu memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pekerja milenial pelaku usaha industri kreatif yang menekankan pengembangan bisnis (scaling-up) melalui format kelas (camp) pada tahap pertama. Kemudian dilanjutkan dengan pendampingan atau mentoring intensif (coaching) yang diajarkan oleh para profesional.

Pengembangan di atas sebaiknya memiliki tiga prinsip dasar, pertama, local yet global. Artinya mengupayakan potensi lokal untuk menghasilkan produk yang berdaya saing global. Atau bisa disebut sebagai strategi ”glokalitas.” Kedua, self reliance and creativity, yakni menekankan bahwa kemandirian masyarakat lokal menjadi pendorong utama. Ketiga, human resource development, yaitu pengembangan kompetensi pekerja parekraf perannya sangat vital terhadap suksesnya program pemerintah.

Baca Juga: koran-sindo.com
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More