IPM 2021 Tertinggi, Bukti Pembangunan Jakarta Bukan Hanya Mengejar Infrastruktur

Minggu, 29 Mei 2022 - 12:01 WIB
Indikator naiknya IPM DKI Jakarta pada 2021 juga dapat dibaca melalui aneka ragam penghargaan yang menggambarkan kinerja dan inovasi atas pembangunan Kota Jakarta, seperti Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Utama oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI sebagai Pemerintah Daerah Provinsi yang berkomitmen dan mengimplementasikan strategi terkait dengan Pengarusutamaan Gender (PUG). Ada pula 2021 Sustainable Transportation Award oleh Institute for Transportation Development and Policy atas pekerjaan pencanangan dan transformasi kota dari kendaraan pribadi menjadi skema JakLingko.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) juga mengganjar Pemprov DKI Jakarta dengan penghargaan Nirwasita Tantra dalam kepemimpinan dan pemahamannya terhadap isu lingkungan hidup, serta inovasi dalam merumuskan, menetapkan dan menerapkan kebijakan berupa program kerja sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan dalam memperbaiki dan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Di tingkat internasional, Pemprov DKI Jakarta meraih Asean ICT Awards (AICTA) berupa penghargaan Gold atas aplikasi JAKI (Jakarta Kini) pada kategori Sektor Publik oleh ASEAN di bawah kegiatan ASEAN ICT Masterplan sebagai upaya inovasi dan kreativitas untuk mengembangkan peluang bisnis dan kerjasama perdagangan yang akan memperkuat kesadaran ICT dan komunitas dalam AICTA Tahun 2021.

Dalam kurun 5 tahun terakhir, rerata nilai IPM di DKI Jakarta adalah 80,63 poin. IPM DKI Jakarta yang berhasil melampaui pencapaian nasional ini memang patut kita apresiasi. Ini pertanda bahwa semua dimensi pembentuk IPM di Jakarta mengalami kenaikan berarti sehingga memperkokoh IPM Jakarta di peringkat pertama nasional. Dengan demikian, ketersediaan pilihan bagi penduduk (enlarging people’s choice) di ibu kota dinilai lebih luas dibanding provinsi lain di Indonesia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rca)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More