Bonus Demografi, Peluang atau Tantangan Menuju Indonesia Emas 2045

Senin, 07 September 2020 - 18:26 WIB
Keberhasilan Indonesia dalam menekan laju pertumbuhan penduduk melalui program keluarga berencana telah membawa manfaat yang besar bagi pembangunan dan ketahanan nasional Indonesia. Namun tugas berat kita Bersama adalah bagaimana mewujudkan Indonesia emas 2045 tepat 100 tahun negeri tercinta Indonesia.

Pada masa itu diharapkan Indonesia mengalami kemajuan luar biasa karena memiliki bonus demografi. Indonesia berpeluang masuk menjadi lima negara di dunia dengan ekonomi terbesar. Impian besar tentang Indonesia unggul, maju, bersaing dengan bangsa-bangsa lain dan telah cukup dewasa untuk mengatasi isi-isu persoalan klasik bangsa, seperti korupsi, disintegrasi dan kemiskinan.

Untuk mewujudkan impian tersebut kunci utamanya ada pada manusianya. Dengan demikian kualitas sumber daya manusia menjadi dasar dari impian menjadi Indonesia emas tahun 2045 mendatang.

Pemimpin bangsa tahun 2045 adalah mereka yang saat ini sedang duduk dibangku sekolah dasar (penduduk tidak produktif, usia 14 tahun kebawah) dan pendidikan menengah dan pemuda pemudi yang termasuk kedalam penduduk usia produktif (usia 15 tahun keatas). Kualitas generasi di masa datang ditentukan oleh kualitas keluarganya saat ini.

Peran keluarga sangat penting sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga sebagai hulu dari pembentukan karakter anak bangsa. Keluarga yang baik akan melahirkan putra-putri bangsa berkualitas baik yang tentunya menjadi penopang bangsa dan negara.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(poe)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More