Prabowo Subianto: Pergeseran Orientasi Kebijakan Luar Negeri dan Strategi Diplomasi

Selasa, 15 Oktober 2024 - 16:58 WIB
Di sisi lain, komunitas Tionghoa Indonesia dianggap sebagai kelompok yang cenderung patuh pada kebijakan pemerintah dan jarang bersikap oposisi. Dengan pengaruh ekonomi yang dimiliki sebagian besar komunitas ini, mereka selalu didekati oleh siapa pun yang memimpin Indonesia.

Oleh karena itu, keputusan Prabowo untuk memilih Tiongkok sebagai negara pertama yang dikunjunginya setelah terpilih sebagai presiden menunjukkan keseriusannya dalam mempererat hubungan antara kedua negara.

Tindakan ini mengirimkan sinyal positif kepada para pendukungnya dan dunia internasional bahwa China akan menjadi mitra yang sangat penting bagi pemerintahan Indonesia ke depan. Prabowo juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Tiongkok terhadap Indonesia selama ini, serta menegaskan kembali bahwa China adalah "sahabat dekat" Indonesia.

Prabowo meyakini bahwa hubungan Indonesia dan China saat ini ditandai dengan semakin mendalamnya rasa saling percaya secara politik serta kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan. Di bawah kepemimpinannya, hubungan ini diharapkan akan semakin diperkuat dan diperluas.
(poe)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More