Evidence Base Policy

Senin, 30 September 2024 - 11:13 WIB
Berkaca dari pengalaman tersebut, penting bagi pemerintah untuk terus memperbaiki kualitas data yang selama ini ada. Semakin baik dan akurat data yang dimiliki, tentu kebijakan yang dibuat semakin berkualitas dan efektif dalam menyelesaikan permasalahan.

Apalagi jika kita lihat kebijakan pemerintah baru yang didominasi oleh keberpihakan, subsidi, tentu memerlukan data yang baik. Jika tidak maka kekisruhan akan timbul karena ketidak tepatan penerima bantuan, atau subsidi yang tidak tepat sasaran.

Terakhir, pemanfaatan data, terutama big data, serta dan bukti aktual yang dibangun berdasarkan analisis yang tepat dan detail, akan sangat membantu dan mendesak bagi penyusunan desain kebijakan yang berkualitas dan berorientasi pada tujuan. Memang perubahan itu Sunnatullah, tidak ada yang kekal di dunia ini, semua pasti berubah atau berakhir.

Namun sebagai makhluk Tuhan, kita diberikan akal, tenaga untuk terus berikhtiar dan memberikan upaya terbaik bagi kesejahteraan manusia, kita semua. Wallahu’alam.
(poe)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More