Implementasi Inovasi Program Kampung Garam di Kebumen

Minggu, 14 Januari 2024 - 19:13 WIB
Ketiga, program ini memberdayakan kelompok SDM petani garam secara menyeluruh melalui pembentukan kelompok usaha, pembinaan, dan peningkatan kapasitas. Keempat, kompleks Kampung Garam, dengan pemandangan tunel-tunel, menjadi daya tarik sendiri dan dapat dijadikan tempat wisata, bahkan eduwisata.

Pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan pengelolaan garam, tetapi juga dapat mengambil foto dengan latar belakang tunel-tunel garam yang instagramable dan menikmati spot foto lainnya. Selain itu, pengunjung dapat merelaksasi kaki mereka dengan merendamnya di kolam air garam.

Kampung Garam Kebumen telah bertransformasi menjadi destinasi eduwisata atau wisata pendidikan yang banyak diminati oleh siswa-siswi sekolah dan pengunjung umum. Selain Desa Mirit Petikusan, kampung garam juga telah diperluas ke wilayah lain, seperti Kecamatan Klirong, Kecamatan Puring, dan Kecamatan Petanahan.

Selain menjadi tujuan wisata, Kampung Garam ini juga dijadikan sebagai model produksi garam yang diacungi contoh oleh daerah lain. Rencananya, konsep Kampung Garam ini akan diperluas dan diadaptasi di wilayah-wilayah sepanjang garis Pantai Selatan Jawa. Dengan pengembangan ini, diharapkan kampung-kampung garam dapat memenuhi kebutuhan garam lokal hingga mencapai tingkat swasembada garam nasional.

Kesimpulan

Hasil analisis studi pustaka menyimpulkan bahwa penerapan Program Kampung Garam di Kabupaten Kebumen berhasil memberdayakan potensi alam dan sumber daya manusia di daerah tersebut. Sebelum program ini diterapkan, masyarakat pesisir, terutama para petani garam, hanya mampu menghasilkan garam krosok dengan nilai ekonomi rendah, sekitar Rp2.000 per kg dan kualitasnya juga rendah karena proses pengolahan yang masih bersifat tradisional.

Kampung Garam secara tidak langsung mendukung Gerakan Indonesia Mandiri dengan semangat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat agar dapat mencapai kemandirian. Dengan memanfaatkan potensi besar dan semangat belajar yang tinggi, usaha garam rakyat ini membantu masyarakat nelayan untuk mandiri secara ekonomi.

Pada 2020, Kampung Garam mendapatkan penghargaan sebagai salah satu dari 99 inovasi terbaik dalam kategori Kabupaten/Kota dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(poe)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More