Ganjar: Penting bagi Generasi Muda, Pancasila Bisa Diterapkan dari Hal Kecil

Rabu, 18 Oktober 2023 - 22:50 WIB
Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo menyebut Pancasila bisa diterapkan mulai dari hal-hal kecil, seperti saling tolong menolong. Foto: MPI/Dok
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo menyebut Pancasila bisa diterapkan mulai dari hal-hal kecil, seperti saling tolong menolong. Sehingga nantinya timbul rasa saling peduli dan rasa saling melindungi atau menjaga dari hal-hal buruk, seperti pergaulan bebas, intoleransi, bahkan paham ekstrem radikalisme.



Hal itu ia sampaikan ketika masih menjadi Gubernur Jawa Tengah dua periode. Saat itu, pemimpin berambut putih itu sedang melaksanakan program “Gubernur Sambang Sekolah” yang bertajuk “Generasi benteng Pancasila Cerdas Bermedia, Konsisten Berbudaya dan Anti Hoaks” yang dilaksanakan di SMAN 1 Karadenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah pada Kamis 15 Juni 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar mengaku senang karena banyak siswa yang memahami dan mau menerapkan nilai-nilai Pancasila. Ganjar berharap kebaikan ini menyebar hingga mengisi Indonesia dengan kehangatan.





“Menurut saya sangat membanggakan, bahwa mereka sangat cinta pada budaya, mereka menghormati keberagaman, dan mereka tahu bagaimana praktik baik atau mempraktikkan hal-hal kebaikan di masyarakat yang mereka membantu temannya, menolong temennya,” kata Ganjar.

Pentingnya Pancasila bagi Generasi Muda

Pancasila merupakan ideologi dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mempertahankannya perlu banyak pengorbanan. Pancasila tidak hanya menjadi landasan negara tetapi juga menjadi pedoman bagi seluruh warga negara Indonesia untuk memperkuat solidaritas dan kesatuan nasional.

Jika semangat Pancasila dipelajari sejak kecil dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maka bangsa akan kuat dan damai, dan sebaliknya jika semangat Pancasila lemah maka bangsa akan menjadi rapuh.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More