Nilai Pancasila pada Zaman Kebangkitan Nasional Beserta Penjelasannya

Jum'at, 29 September 2023 - 19:19 WIB


Selain itu, mereka juga saling mencintai sesama manusia dan mengembangkan sikap tenggang rasa. Dalam perjuangan melawan penjajahan, para tokoh bangsa menunjukkan sikap yang tidak semena-mena terhadap orang lain.

3. Nilai Persatuan



Nilai persatuan tercermin pada semangat para tokoh bangsa untuk bersatu melawan penjajahan. Mereka menyadari bahwa hanya dengan bersatu, bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaan.



Oleh karena itu, mereka berusaha untuk mempersatukan seluruh rakyat Indonesia dalam perjuangan melawan penjajahan. Persatuan tersebut dibangun atas dasar keikhlasan dan sukarelawan para tokoh bangsa.

4. Nilai Kerakyatan



Pada zaman kebangkitan nasional, nilai kerakyatan mendorong bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan dengan cara diplomasi. Bangsa Indonesia menyadari bahwa perlawanan bersenjata tidak cukup efektif untuk menghadapi penjajah yang lebih kuat.

Bangsa Indonesia pun mulai membentuk organisasi-organisasi pergerakan nasional yang berusaha menyuarakan aspirasi rakyat kepada pemerintah kolonial. Organisasi-organisasi tersebut antara lain adalah Budi Utomo, Sarekat Islam, Indische Partij, dan Perhimpunan Indonesia.

5. Nilai Keadilan Sosial

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More