Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Sabtu, 23 September 2023 - 13:50 WIB
loading...
Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli
Pengertian Pancasila menurut para ahli. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengertian Pancasila memiliki makna yang beragam menurut pendapat tokoh nasional. Pancasila adalah dasar negara dan ideologi yang menjadi landasan bagi negara Indonesia.

Konsep ini memiliki makna yang mendalam dan kompleks. Hal ini juga tercermin dari berbagai interpretasi para ahli. Berikut pengertian Pancasila menurut beberapa ahli.

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli


1. Muhammad Yamin


Pengertian Pancasila menurut Muhammad Yamin adalah penjabaran yang mencerminkan cita-cita dan orientasi perjuangan masyarakat Indonesia.

Muhammad Yamin adalah salah satu individu di BPUPKI yang menyampaikan usul mengenai fondasi negara pada sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945.



Beliau mengusulkan lima prinsip utama, yaitu peri kebangsaan Indonesia, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, kesejahteraan rakyat, dan demokrasi.

2. Ir. Soekarno


Sebagai tokoh Proklamator, Soekarno memberikan pemahaman mendalam tentang Pancasila.

Menurutnya, Pancasila adalah filosofi hidup bangsa Indonesia yang terdiri dari lima sila, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.



Dalam pandangan Soekarno, Pancasila bukan sekadar dasar negara, melainkan juga pedoman moral yang harus dipegang teguh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)