Membangun Kemitraan yang Sinergis untuk Mendukung Peningkatan Kompetensi Guru di Indonesia

Jum'at, 15 September 2023 - 13:21 WIB
Kelebihan dari program peningkatan kompetensi guru yang dijalankan oleh institusi bisnis sosial ini adalah karena terbuka untuk keterlibatan berbagai pihak. Pemerintah, terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, adalah salah satu mitra utama yang selalu digandeng agar program berjalan dengan dukungan pemangku kebijakan dan dapat memberikan akses valid kepada database guru sebagai penerima manfaat program. Kemitraan dengan pemerintah juga dapat memberikan dorongan formil kepada para guru untuk terlibat di dalam program yang akan dilangsungkan.

Pihak lainnya yang sering terhubung untuk kemitraan dengan institusi bisnis sosial adalah perusahaan, baik swasta maupun yang dimiliki oleh negara. Perusahaan-perusahaan ini dapat memanfaatkan program yang dimiliki oleh institusi bisnis sosial sebagai salah satu kegiatan pengembangan komunitasnya yang umumnya menjadi salah satu strategi business sustainability. Saat ini perhatian pemerintah yang sedang berfokus untuk meningkatkan kompetensi guru dapat dijadikan sebuah momentum bagi perusahaan untuk turut berkontribusi demi kemajuan pendidikan Indonesia. Dengan sinergi yang kuat dari berbagai pihak, upaya untuk mendukung peningkatan kompetensi guru dapat berjalan lebih efektif.

Akuntabilitas dan profesionalisme yang dimiliki para institusi bisnis sosial akan menjadi dasar kerja sama yang efektif dengan berbagai mitra. Dengan tenaga ahli yang berpengalaman, program akan dikembangkan secara strategis, taktis, dan efektif. Mereka juga mampu mengadvokasi kepentingan penerima manfaat, sehingga dampaknya berkelanjutan untuk jangka waktu yang panjang.

Dari hasil implementasi program peningkatan kompetensi guru yang dilakukan oleh institusi bisnis sosial dengan kemitraan bersama berbagai pihak, diharapkan kualitas pendidikan akan semakin baik dan dapat menghasilkan tenaga kerja yang kompeten serta inovatif. Di masa depan nanti, tenaga kerja Indonesia diharapkan akan lebih produktif dan memiliki daya saing yang tinggi pada tingkat global dan memiliki peran dalam mendukung bertumbuhnya ekonomi yang berkelanjutan, serta terwujudnya impian Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu, mari kita satukan tekad dan upaya dalam membangun masa depan yang lebih gemilang untuk Indonesia, dengan mendukung para guru melalui kemitraan yang berkelanjutan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(wur)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More