Data tidak akurat, KPU tunda rekapitulasi suara Kaltim

Selasa, 29 April 2014 - 22:34 WIB
Data tidak akurat, KPU tunda rekapitulasi suara Kaltim
Data tidak akurat, KPU tunda rekapitulasi suara Kaltim
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunda rekapitulasi suara dari Kalimantan Timur (Kaltim) karena adanya data yang tidak akurat. Semestinya, hari ini adalah jadwal bagi KPU Kaltim untuk menyampaikan rekapitusi suara Pemilu 9 April lalu.

Komisioner KPU Kaltim M Taufik menjelaskan persoalan yang terjadi di Kutai Timur berdampak ditundanya pembacaan suara untuk DPD dan DPR di KPU pusat. KPU Kaltim diminta memperbaiki data yang tidak akurat terutama administrasi jumlah pemilih.

Taufik menyebutkan, kesalahan administrasi disebabkan kesalahan penjumlahan suara sah, suara suara tidak sah dan suara rusak. Ada selisih yang masih salah, sehingga jika dijumlahkan maka akan melebihi angka total suara.

“Ketidakakuratan data ini terjadi di Samarinda, Bontang, dan Kutai Kartanegara. Namun kami sudah perbaiki dengan memanggil KPU daerah. Tinggal Kutai Timur saja yang masih ada persoalan,” kata Taufik, Selasa (29/4/2014).

KPU Kaltim masih menunggu proses perbaikan yang dilakukan KPU Kutim. Dalam pleno KPU Kaltim di Hotel Mesra, Samarinda beberapa waktu lalu, yang dihitung hanya suara partai.

Meski demikian, Taufik menegaskan kasus ini tidak hanya terjadi di Kaltim, namun juga di beberapa provinsi lain. Nasibnya pun sama, rekapitulasinya ditunda.

KPU baru melihat data-data yang disetor KPU Kaltim. Lantaran ada kesalahan data, KPU Kaltim diminta untuk memperbaiki dulu sebelum presentasi.“Kami tunggu saja, mudah-mudahan tidak memakan waktu lama," kata Taufik.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0380 seconds (0.1#10.140)