Kinerja KPU Kalbar mendapat apresiasi positif

Minggu, 27 April 2014 - 19:19 WIB
Kinerja KPU Kalbar mendapat apresiasi positif
Kinerja KPU Kalbar mendapat apresiasi positif
A A A
Sindonews.com - Ruang sidang utama Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendadak riuh oleh tepuk tangan saat Ketua KPU Husni Kamil Manik menetapkan hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilu Legislatif (Pileg) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

KPU Kalbar mendapat pujian dan apresiasi karena hasil rekap yang disampaikan berjalan mulus dan diterima oleh seluruh saksi parpol dan Bawaslu. KPU Kalbar hanya membacakan hasil rekapnya sekira 30 menit. Padahal, daerah lain ada yang berjalan hingga berjam-jam dan akhirnya batal ditetapkan.

Bahkan, KPU Kalbar ini mendapat standing ovation atau sambutan tepuk tangan sambil berdiri oleh saksi parpol dan komisioner KPU. Apa yang dicapai KPU Kalbar ini berbeda dengan sejumlah provinsi lain yang lebih dulu menyampaikan hasil rekapnya, seperti Banten, Jambi, dan Lampung. Ketiga daerah ditunda penetapannya karena ditemukan banyak masalah pada pencatatannya.

Ketua KPU Kalbar Umi Rifdiyawati mengatakan, rahasia hasil rekapnya tertib karena selama ini setiap masalah yang ditemukan langsung diselesaikan di tempat. Selain itu, ketika ada rekomendasi Panwaslu soal kesalahan atau pelanggaran, KPU daerah langsung menindaklanjuti.

"Ketika ada kesalahan, kami minta KPU kabupaten/kota agar diselesaikan di tingkat bawah lewat forum pleno. Jadi ketika naik ke tingkat atas, semua masalah sudah bersih. Kalau toh ada, tidak banyak lagi," ujarnya.

Selain KPU Kalbar, hasil rekap pehitungan suara KPU Gorontalo juga sudah ditetapkan. Sebelumnya, hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 untuk Provinsi Lampung gagal ditetapkan. Pasalnya, hasil rekap yang disampaikan KPU Lampung banyak mendapat protes dari saksi parpol.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7031 seconds (0.1#10.140)