Partisipasi pemilih di Depok meningkat

Rabu, 23 April 2014 - 02:25 WIB
Partisipasi pemilih...
Partisipasi pemilih di Depok meningkat
A A A
Sindonews.com - Partisipasi pemilih di Depok pada pemilihan legislatif tahun 2014 meningkat. Terlihat dari daftar hadir pemilih saat Pemilu 9 April lalu.

"Dari 340 DPT yang terdaftar, yang hadir menggunakan hak suaranya mencapai 280. Angka golput kecil, semangat warga untuk memilih cukup tinggi," kata Ketua KPPS 54, Perumahan Depok Maharaja, Pancoran Mas, Depok, Selasa 22 April 2014.

Saat ini, kata dia, masyarakat sudah cerdas. Maka itu, banyak masyarakat Depok yang milih nyoblos ketimbang mereka garus golput.

"Masyarakat sekarang sudah cerdas, lebih baik memilih daripada golput. Sayang kalau enggak menggunakan suaranya," ungkapnya.

Ketua KPPS di TPS 105 Kelurahan Pancoran Mas Kecamatan Pancoran Mas, Sariih mengatakan, di lingkungannya partisipasi pemilih juga meningkat.

"Kalau di tempat saya kan pemilu diadakan dua kali. Karena yang pertama ada kendala surat suara yang tertukar. Di pemilu kedua, jumlah warga yang datang lebih banyak yakni mencapai 169. Pada 9 April yang datang 166 dari total DPT sebanyak 244 yang terdaftar," paparnya.

Ia menambahkan jika pemilu tahun ini ketertarikan warga dalam memilih lebih tinggi. "Jarang warga yang enggak nyoblos, ketika saya tanya ke mereka katanya rugi kalau enggak milih," tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPPS 24, Kelurahan Kalimulya, Cilodong, Nizar mengatakan jika partisipasi pemilih tahun ini dinilai biasa saja.

"Standar-standar saja. Dari 492 DPT yang datang 261 warga. Meski demikian dibandingkan tahun lalu lebih baik penyelenggarannya. Warga masih ada yang mau datang untuk memilih," katanya.

Partisipasi warga dalam memilih juga dikatakan Ketua PPK Cipayung Hendra Hidayat. Ia mengatakan jika tahun ini angka partisipasi sementara di atas 70 persen.

"Cipayung dan Cipayung jaya di atas 70 persen. Hal ini menunjukkan jika dalam pemilu sekarang, masyarakat banyak yang sudah melek dan memilih untuk menggunakan hak suaranya dalam mensukseskan politik Indonesia," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8252 seconds (0.1#10.140)