Keppres Tionghoa dinilai manuver Demokrat

Jum'at, 21 Maret 2014 - 22:13 WIB
Keppres Tionghoa dinilai...
Keppres Tionghoa dinilai manuver Demokrat
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY) telah mengeluarkan Keppres Nomor 12 Tahun 2014 tentang pergantian kata China menjadi Tionghoa. Kebijakan ini mendapat respons dari kalangan politikus keturunan Tionghoa mengingat Keppres itu diterbitkan menjelang Pemilu Anggota Legislatif 9 April mendatang.

"Secara strategi mungkin bagian dari strategi Demokrat untuk menarik simpati warga Tionghoa, ya itu sah-sah saja sih. Tapi bagi saya tetap antara simpati dan dukungan politik tidak harus sejalan," kata Wakil Ketua DPW PKB DKI Jakarta Eddy Setiawan di Jakarta, Jumat (21/3/2014).

Meski demikian, Eddy yang bernama Tionghoa Zhou Gao Jiang ini menilai warga Tionghoa sudah cukup cerdas dengan pilihan politiknya masing-masing.

"Mereka selama ini lebih melihat pada figur caleg, mereka melihat bibit, bebet dan bobotnya, tidak asal pilih juga, tidak hanya karena ini kemudian mereka memilih Demokrat," tuturnya.

Bahkan, Eddy yang juga caleg PKB dari DKI Jakarta daerah pemilihan DKI Jakarta 10 ini mempersilakan jika memang Keppres penggantian nama China menjadi Tionghoa ini dijadikan isu kampanye bagi Partai Demokrat di pemilu ini.

"Saya sih enggak takut, karena selama ini sudah turun dan sudah terbiasa mendampingi masyarakat dalam pemenuhan hak sipilnya," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0824 seconds (0.1#10.140)