Akil Mochtar bikin Jimly Asshiddiqie emosional

Jum'at, 04 Oktober 2013 - 08:57 WIB
Akil Mochtar bikin Jimly...
Akil Mochtar bikin Jimly Asshiddiqie emosional
A A A
Sindonews.com - Penangkapan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), atas dugaan suap sengketa pilkada membuat perintis lembaga konstitusi tersebut emosional.

Adalah mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie yang tidak bisa berkata-kata panjang lebar, melihat kenyataan penerusnya di MK menjadi tersangka atas operasi tangkap tangan KPK.

Hakim senior yang saat ini menjabat Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP) mengakui perasaan emosionalnya tersebut.

"Saya sangat sedih, lembaga yang dengan susah payah kami bangun dihancurkan oleh seorang AM," tulisnya dalam pesan elektronik yang diterima Sindonews, Kamis 3 Oktober 2013, malam.

Hanya satu kalimat itu yang diungkapkan Jimly menanggapi beberapa pertanyaan Sindonews. Pertanyaan berikutnya pun tak dijawab Ketua MK 2003-2006 dan 2006-2009.

Pagi hari sebelumnya, Jimly dengan tegas menyatakan Akil sebagai contoh pejabat tinggi yang rakus. Pejabat tinggi seperti ini perlu diganjar hukuman setimpal, yakni hukuman mati.

Hampir diwaktu yang sama, mantan Ketua MK lainnya, Mahfud MD, juga tampak emosional. Pernyataan-pernyataan yang dikeluarkan di akun jejaring sosial Twitter miliknya, @mohmahfudmd, meminta lembaga yang didirikan pada tahun 2003 itu dibubarkan saja.

Sementara hakim-hakim konstitusi tak jauh berbeda, saat mendengar kabar penangkapan pimpinannya. Wakil Ketua MK Hamdan Zoelva mengaku menangis saat mendengar kabar dari Sekjen MK Janedjri M Gaffar. "Kaget luar biasa, saya meneteskan air mata. Sekitar pukul 23.00 dapat informasi tersebut dari sekjen," ujarnya.

Klik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8607 seconds (0.1#10.140)