Elektabilitas Mega jauh di bawah Jokowi

Kamis, 27 Juni 2013 - 17:34 WIB
Elektabilitas Mega jauh...
Elektabilitas Mega jauh di bawah Jokowi
A A A
Sindonews.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) lebih disukai masyarakat daripada Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Menurut hasil survei Indonesia Research Centre (IRC), jika pemilu dilaksanakan hari ini maka 24,8 persen masyarakat akan memilih Jokowi.

"Berdasarkan hasil survei, Megawati hanya akan dipilih oleh 5,5 persen masyarakat, angka ini sangat jauh jika dibandingkan dengan kadernya, Jokowi, yang akan mendapatkan dukungan 24,8 persen dari masyarakat jika pemilu dilaksanakan hari ini," kata Direktur IRC Agus Sudibyo, dalam Peluncuran dan Diskusi hasil survei nasional IRC tentang elektabilitas partai politik dan kandidat presiden, di Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2013).

Selain itu, tokoh politik lain seperti Prabowo Subianto, berada dibawah Jokowi dengan angka pemilih sebesar 14,8 persen, Abu Rizal Bakrie, hanya 7,9 persen, menyusul Wiranto dan Mahfud MD yang hanya akan mendapatkan dukungan sekitar 3,9 dan 3,7 persen. Lalu Hary Tanoesoedibjo yang mendapatkan persentase dukungan masyarakat sebesar 2,3 persen.

Namun yang cukup mengejutkan, nama Rhoma Irama masuk dalam hasil survei IRC dan mendapatkan dukungan sebesar 2,7 persen. Angka ini jauh lebih tinggi daripada Isteri SBY, Ani Yudhoyono, yang hanya akan mendapatkan 2,0 persen.

"Dalam survei ini, Jokowi menunjukkan trend elektabilitas yang cukup meyakinkan. Sebagian besar masyarakat cenderung memilihnya menjadi Presiden RI untuk periode berikutnya," tandas Agus.

Survei dilakukan menggunakan metode penarikan sample multistage random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 1800 orang dan margin of error (MoE) 2,3 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0625 seconds (0.1#10.140)