Soal Pencopotan Dirjen Imigrasi, Jokowi: Tanyakan Langsung ke Menkumham

Rabu, 29 Januari 2020 - 21:12 WIB
Soal Pencopotan Dirjen Imigrasi, Jokowi: Tanyakan Langsung ke Menkumham
Soal Pencopotan Dirjen Imigrasi, Jokowi: Tanyakan Langsung ke Menkumham
A A A
JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly telah mencopot Ronny F Sompie dari jabatan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi. Pencopotan itu terkait dengan kesimpangsiuran data tentang kedatangan calon anggota legislatif dari PDIP ke Tanah Air.

Terkait hal ini, Presiden Jokowi enggan berkomentar banyak terkait pencopotan tersebut. Presiden menyarankan sebaiknya menanyakan hal tersebut langsung kepada Menkumham, Yasonna H Laoly. "Soal itu, tanyakan langsung ke Menkumham," ucap Jokowi singkat saat ditanya wartawan usai menghadiri kegiatan pencanangan Gerakan Eliminasi Tuberkulosis (TBC) 2030 di Gedung Techno Park, Kota Cimahi, Rabu (29/1/2020). (Baca juga: PKS Pertanyakan Pencopotan Ronny Sompie dari Dirjen Imigrasi)

Seperti diberitakan SINDOnews, Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly telah mencopot Ronny Franky Sompie sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkumham. Dia dicopot atas kekeliruan informasi perihal keberadaan politikus PDIP yang jadi buronan KPK, Harun Masiku. (Baca juga: Ronny Sompie Dicopot Menkumham, Logo Imigrasi Berlatar Hitam)

Pencopotan Ronny tertuang dalam Surat Menkumham Nomor M.HH.KP.04.02-13 tertanggal 28 Januari 2018. Melalui surat itu, Yasonna sekaligus memberikan tugas baru kepada Ronny sebagai Analis Keimigrasian Utama. Jabatan Dirjen Imigrasi selanjutnya dipegang Pelaksana Harian (Plh), di mana orang yang ditunjuk mengisi jabatan itu ialah Irjen Kemenkumham, Jhoni Ginting.

Pencopotan Ronny tak lepas dari blunder Imigrasi. Instansi ini akhirnya mengakui Harun telah berada di Jakarta sejak 7 Januari 2020. Padahal, mereka sebelumnya sempat menyatakan Harun telah keluar Indonesia menuju Singapura pada Senin, 6 Januari 2020 melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang sekitar pukul 11.00 WIB.

Harun Masiku adalah calon anggota legislatif dari PDIP yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Yasonna menuding Ronny Sompie menjadi orang yang harus bertanggung jawab terkait sistem di Ditjen Imigrasi yang membuat data kedatangan Harun Masiku delay atau terlambat.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6469 seconds (0.1#10.140)