Soal Veto Menko, Sudah Tugas Menteri Jalankan Visi Misi Presiden

Senin, 28 Oktober 2019 - 12:51 WIB
Soal Veto Menko, Sudah...
Soal Veto Menko, Sudah Tugas Menteri Jalankan Visi Misi Presiden
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik asal UIN Jakarta, Bakir Ikhsan mengangggap tak ada persoalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) yang berulang kali menekankan bahwa tidak ada visi misi menteri, yang ada hanya visi misi presiden dan wakil presiden.

"Ya karena tugas menteri adalah menjalankan visi dan misi presiden," ujar Bakir saat dihubungi SINDOnews, Senin (28/10/2019).

Bakir menuturkan, visi misi presiden perlu ditegaskan kepada para pembantunya agar mereka sadar dan terjadi soliditas di dalam kabinet. Sehingga, implementasi program yang dicangkan pemerintah bisa berjalan maksimal. (Baca juga: Hak Veto Menko Dipandang Berlebihan, Menteri Mbalelo Cukup Reshuffle Saja )

Terkait dengan masuknya Prabowo Subianto yang menjabat posisi Menteri Pertahanan (Menhan), Bakir menilai tak ada perbedaan siginifikan terhadap visi misi Jokowi dan Prabowo, meski keduanya pernah menjadi rival dalam Pilpres 2019 lalu.

Dosen Fisip UIN Jakarta itu menegaskan, sebenarnya tidak ada perbedaan subtantif karena secara ideologi sama. (Baca juga: Politikus Gerindra Sebut Hak Veto Menko dari Jokowi Lucu )

"Kalau pun ada perbedaan hanya pada stressing atau penekanan prioritas. Apalagi terkait pertahanan, pasti perspektifnya sama," jelasnya.

Presiden Jokowi menegaskan, tidak ada visi misi menteri, yang ada visi misi presiden. Hal ini disampaikan Jokowi pada saat pidato pelantikan dan pengumuman menteri kabinet beberapa waktu. Bahkan setelah melantik para menteri, Jokowi membolehkan para menteri koordinator memveto menteri yang bertentangan dengan visi misi presiden dan wakil presiden.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9343 seconds (0.1#10.140)